ANALISIS PENILAIAN SUPPLIER PACKAGING PRODUK WAFER MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI PT XYZ
DOI:
https://doi.org/10.62375/logistics.v4i1.731Keywords:
evaluasi supplier, kemasan karton, analytical hierarchy processAbstract
PT XYZ merupakan perusahaan produsen makanan ringan dan minuman di Indonesia. Dalam menjaga kualitas produk dan daya saing perusahaan, kemasan berkualitas memegang peranan penting untuk menjaga mutu produk dan daya tarik konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai supplier kemasan karton terbaik guna menjaga kualitas kemasan, dapat menjadi acuan dalam menentukan volume pemesanan serta menciptakan persaingan sehat antar supplier untuk peningkatan kualitas berkelanjutan. Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan salah satu model pendukung keputusan dengan menyusun suatu prioritas dari berbagai pilihan untuk pengambilan keputusan menggunakan beberapa kriteria (multi criteria). Metode ini digunakan sebagai sistem pendukung keputusan untuk memilih supplier terbaik. Pada penelitian ini mengidentifikasi empat kriteria utama dalam evaluasi dan penilaian kinerja supplier kemasan karton yaitu kualitas, harga, dan ketepatan waktu kedatangan. Kualitas memiliki bobot tertinggi sebesar 0.63, sehingga menjadi prioritas utama. Selanjutnya harga dengan bobot 0.26, dan ketepatan waktu kedatangan dengan bobot 0.11. berdasarkan pembobotan kriteria tersebut makan diperoleh penilaian dan peringkat supplier, menunjukkan bahwa kinerja supplier terbaik yaitu PT MGM dengan bobot overall composite weight 0.41, selanjutnya PT PAK dengan bobot 0.12, PT DCK 0.11, PT API 0.09, PT SWAT 0,08, PT CMI 0,07, PT PGC 0,07 dan yang terakhir PT PEP dengan nilai terendah 0,06.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfi Hidayat, Budiharjo, Ogie Kustiadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.










