Meningkatkan Layanan Catering melalui Metode Lean dan Six Sigma (Studi Kasus UMKM Bilqis Catering)

Authors

  • Yuike Ariesta Institut Teknologi Kalimantan
  • Silalahi Hanna Rosita Institut Teknologi Kalimantan
  • Nabiha Hilwa Dwi Putri Institut Teknologi Kalimantan
  • Rivaldiansyah Muhammad Andra Institut Teknologi Kalimantan
  • Rachmadan Rachmadan Institut Teknologi Kalimantan
  • Saputra Rohand Institut Teknologi Kalimantan

Keywords:

lean, six sigma, catering, siklus DMAIC

Abstract

UMKM Bilqis Catering merupakan usaha yang bergerak di bidang makanan. Pada penelitian ini terdapat permasalahan pada waste yaitu pada saat produksi berlangsung. Maka dari itu, tujuan dilakukannya penelitian ini dengan menggunakan pendekatan lean six sigma diharapkan UMKM Bilqis Catering dapat meminimalisirkan terjadinya waste agar tetap memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode lean six sigma dengan menggunakan pendekatan DMAIC yang terdiri dari Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control. Tools yang digunakan pada penelitian ini yaitu Brainstorming, Critical To Quality (CTQ), Defect Per Million Opportunity, Fishbone Diagram, penerapan 5S, serta Standard Operational Procedure (SOP). Terdapat permasalahan pada penelitian ini yaitu cacat pada isi 1 kotak makanan, tidak sesuai dengan standar kualitas. Berdasarkan hasil dilakukannya penelitian dengan menggunakan metode DPMO maka diperoleh hasil 10.000. Dengan menggunakan metode fishbone diperoleh hasil bahwa cacat (waste) pada saat produksi dapat disebabkan karena faktor proses, faktor peralatan, faktor manusia, dan faktor bahan baku. Dan usulan perbaikan yang disarankan oleh peneliti yaitu dengan melakukan penerapan 5S yang dapat memberikan kenyamanan pada tempat kerja dan metode Just In Time (JIT) yang dapat mengoptimalkan persediaan bahan baku dengan cara menyuplai bahan baku yang diperlukan saja, menyesuaikan jadwal produksi dengan permintaan pelanggan dan mencari supplier yang handal.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Ariesta, Y., Hanna Rosita , S., Hilwa Dwi Putri , N., Muhammad Andra , R., Rachmadan, R., & Rohand, S. (2023). Meningkatkan Layanan Catering melalui Metode Lean dan Six Sigma (Studi Kasus UMKM Bilqis Catering). JURNAL LOGISTICA, 1(2), 22–29. Retrieved from https://journal.iteba.ac.id/index.php/logistica/article/view/94