PERANCANGAN DAN PRODUKSI GAME VISUAL NOVEL (Adaptasi dari Novel Misteri “PLUVIA”)
Keywords:
ilustrasi, perancangan, game, visual novel, user , interaktifAbstract
Jurnal ini membahas tentang produksi aset visual novel bertema misteri yang merupakan sebuah adaptasi dari novel yang dibuat oleh seorang penulis independen, Helen Tanuwan beserta penerbitnya. Dalam perancangan prototype visual novel ini, penulis bertanggung jawab atas produksi aset seperti ilustrasi karakter, pembuatan background, adaptasi cerita ke media visual novel, game design, user interface, dan game flow. Hasil dari perancangan ini adalah prototype yang dapat mendemonstrasikan bagaimana cerita dapat disampaikan kepada pembaca melalui media visual novel dan memberi gambaran bagaimana proses perancangan visual novel dikerjakan dari awal hingga prototype yang dapat dimainkan secara interaktif. Setelah prototype dibuat, proyek ini dapat digunakan sebagai demo cerita yang ditampilkan di media sosial yang dikelola oleh penulis cerita.
References
Ahmad, D. (2021). Mengenal Lebih Jauh Game Visual novel. Gamefinity. Diakses pada 22 Agustus dari: https://gamefinity.id/game/mengenal-lebih-jauh-game-visual-novel/
Rahmasari, C. M., & Muhammad Adi Sukma Nalendra. (2022). KAJIAN DESAIN VISUAL PADA MASKOT ITEBA . JURNAL RUPA MATRA, 1(1), 38–52. Retrieved from https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalrupamatra/article/view/30
Ensiklopedia Dunia. (n.d.). Laskar Pelangi. Stekom.Ac.Id. Diakses pada 25 Juli 2023 dari: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Laskar_Pelangi
Khairunnisaa, K., Irfansyah, & Ratri, D. (2023): Pembentukan Watak Tokoh Melalui Representasi Ekspresi Wajah Dalam Animasi Isle Of Dogs (2018), Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 9 (3), 360-375.
Koto, N. (2022): Apa Itu Game Visual novel? EsportNesia. Diakses pada 4 November dari: https://esportsnesia.com/penting/apa-itu-visual-novel-game-anime-cerita/
Melcer, E., Camingue, J., & Carstensdottir, E. (2021): What is A Visual novel. ResearchGate, 1–15. https://doi.org/10.1145/3474712
Nalendra, M. a. S. (2023, July 26). DIGITAL MOVEMENT TRENDS OF INDONESIAN YOUTH IN THE NEW NORMAL ERA: TRANSITIONING TO A NEW APPROACH FOR YOUTH COMMUNITY CONTRIBUTION IN SOCIETY. https://journal.iteba.ac.id/index.php/tiyasadarma/article/view/123
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Steven Wijaya, Fajar Persada Supandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.