PERANCANGAN DAN PRODUKSI GAME VISUAL NOVEL (Adaptasi dari Novel Misteri “PLUVIA”)

Authors

  • Steven Wijaya Universitas Widyatama
  • Fajar Persada Supandi Universitas Widyatama

Keywords:

ilustrasi, perancangan, game, visual novel, user , interaktif

Abstract

Jurnal ini membahas tentang produksi aset visual novel bertema misteri yang merupakan sebuah adaptasi dari novel yang dibuat oleh seorang penulis independen, Helen Tanuwan beserta penerbitnya. Dalam perancangan prototype visual novel ini, penulis bertanggung jawab atas produksi aset seperti ilustrasi karakter, pembuatan background, adaptasi cerita ke media visual novel, game design, user interface, dan game flow. Hasil dari perancangan ini adalah prototype yang dapat mendemonstrasikan bagaimana cerita dapat disampaikan kepada pembaca melalui media visual novel dan memberi gambaran bagaimana proses perancangan visual novel dikerjakan dari awal hingga prototype yang dapat dimainkan secara interaktif. Setelah prototype dibuat, proyek  ini dapat digunakan sebagai demo cerita yang ditampilkan di media sosial yang dikelola oleh penulis cerita.

References

Ahmad, D. (2021). Mengenal Lebih Jauh Game Visual novel. Gamefinity. Diakses pada 22 Agustus dari: https://gamefinity.id/game/mengenal-lebih-jauh-game-visual-novel/

Rahmasari, C. M., & Muhammad Adi Sukma Nalendra. (2022). KAJIAN DESAIN VISUAL PADA MASKOT ITEBA . JURNAL RUPA MATRA, 1(1), 38–52. Retrieved from https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalrupamatra/article/view/30

Ensiklopedia Dunia. (n.d.). Laskar Pelangi. Stekom.Ac.Id. Diakses pada 25 Juli 2023 dari: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Laskar_Pelangi

Khairunnisaa, K., Irfansyah, & Ratri, D. (2023): Pembentukan Watak Tokoh Melalui Representasi Ekspresi Wajah Dalam Animasi Isle Of Dogs (2018), Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 9 (3), 360-375.

Koto, N. (2022): Apa Itu Game Visual novel? EsportNesia. Diakses pada 4 November dari: https://esportsnesia.com/penting/apa-itu-visual-novel-game-anime-cerita/

Melcer, E., Camingue, J., & Carstensdottir, E. (2021): What is A Visual novel. ResearchGate, 1–15. https://doi.org/10.1145/3474712

Nalendra, M. a. S. (2023, July 26). DIGITAL MOVEMENT TRENDS OF INDONESIAN YOUTH IN THE NEW NORMAL ERA: TRANSITIONING TO A NEW APPROACH FOR YOUTH COMMUNITY CONTRIBUTION IN SOCIETY. https://journal.iteba.ac.id/index.php/tiyasadarma/article/view/123

Published

2023-10-30

How to Cite

Wijaya, S., & Fajar Persada Supandi. (2023). PERANCANGAN DAN PRODUKSI GAME VISUAL NOVEL (Adaptasi dari Novel Misteri “PLUVIA”). JURNAL RUPA MATRA, 2(1), 110–122. Retrieved from https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalrupamatra/article/view/162

Issue

Section

OKTOBER 2023