PERANCANGAN REBRANDING FAFA SPORT UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Authors

  • Rico Institut Teknologi Batam
  • Tommy Andrea Gunawan Institut Teknologi Batam
  • Dinda Okta Dwiyanti Ridwan Gucci Institut Teknologi Batam

DOI:

https://doi.org/10.62375/jdkv.v4i1.754

Keywords:

Rebranding, brand awareness, identitas visual, bulutangkis

Abstract

Perkembangan dunia olahraga, khususnya bulutangkis, tidak hanya ditopang oleh prestasi atlet, tetapi juga oleh keberadaan brand yang mampu menghadirkan produk berkualitas dan membangun citra di mata konsumen. Fafa Sport sebagai penyedia perlengkapan bulutangkis di Batam yang berdiri sejak 2022, menghadapi tantangan dalam hal brand awareness. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan kuisioner, ditemukan bahwa sebagian besar masyarakat masih belum mengenal Fafa Sport. Permasalahan ini menunjukkan perlunya strategi rebranding untuk memperkuat identitas visual sebelum pembukaan toko (retail). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan observasi lapangan, serta pengumpulan data melalui wawancara dan kuisioner. Hasil perancangan meliputi pembaruan identitas visual berupa logo, tipografi, warna, supergraphic, yang konsisten pada media promosi digital dan cetak.

References

Kurnia Gunawan, D., Yulianto, A., & Bulan Prizilla Aquamila. (2025). Analisis Strategi Visual dalam Edukasi Stunting: Studi pada Media Sosialisasi Kementerian Kesehatan RI Tahun 2024- 2025. Kartala Visual Studies, 4(2 SE-), 64–76. https://doi.org/10.36080/kvs.v4i2.263

Fajriansyah, A. (2021, March 25). Ketika Penjualan Raket Meningkat Saat Indonesia Didepak dari All England. Kompas.Id. https://rri.co.id/index.php/hobi/737380/sejarah-dominasi-indonesia-dalam-dunia-bulu-tangkis

Graciola, A. P., De Toni, D., Milan, G. S., & Eberle, L. (2020). Mediated-moderated effects: High and low store image, brand awareness, perceived value from mini and supermarkets retail stores. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102117

Hanlon, A. (2024). The segmentation, targeting, positioning (STP) marketing model. https://www.smartinsights.com/digital-marketing-strategy/customer-segmentation-targeting/segmentation-targeting-and-positioning/

Joseph, A., Gupta, S., Wang, Y. C., & Schoefer, K. (2021). Corporate rebranding: An internal perspective. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.04.020

Okereafor, G., Muyiwa, B., & Anyanwu, A. (2023). Branding: Concept, Essence And Marketing Imperatives. 24.

Oman, T. (n.d.). A complex system of religious symbols: The case of the winged disc in Near Eastern imagery of the first millennium BCE.

Priyadi, A. (2021). Apa itu SuperGraphic? https://desain-grafis-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Apa-itu-SuperGraphic/f3d7aaeb767baded01a14cb13893e29f0202d957

Putra, D. (2024, June 6). Sejarah Dominasi Indonesia dalam Dunia Bulu Tangkis. Radio Republik Indonesia. https://rri.co.id/index.php/hobi/737380/sejarah-dominasi-indonesia-dalam-dunia-bulu-tangkis

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Rico, Tommy Andrea Gunawan, & Dinda Okta Dwiyanti Ridwan Gucci. (2025). PERANCANGAN REBRANDING FAFA SPORT UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. JURNAL RUPA MATRA, 4(1), 37–55. https://doi.org/10.62375/jdkv.v4i1.754