ANALISIS WARNA PADA DESAIN SITUS WEB E-COMMERCE SOCIOLLA & GUARDIAN
DOI:
https://doi.org/10.62375/jdkv.v3i2.509Keywords:
E-commerce, kombinasi warna, psikologi warna, desain ui/ux, websiteAbstract
E-commerce di Indonesia menjadi bagian perkembangan dalam dunia internet yang sangat pesat. Keberadaan E-commerce di Indonesia sudah mulai sangat banyak akibat tingginya daya beli masyarakat, dengan banyaknya E-commerce di Indonesia pemilik E-commerce banyak melakukan untuk dapat tetap bersaing. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah selalu memperbarui halaman tampilan web yang lebih menarik untuk para konsumen, dengan harapan jika diperbarui tampilan web mereka dapat meningkatkan brand awareness terhadap produk mereka. Pengaruh warna sangat besar dalam kehidupan manusia sehari-hari, baik dalam dunia seni lukis, media masa cetak, desain interior, dunia politik dan tentunya juga pada desain web. Warna merupakan bidang yang sangat menarik untuk dikaji karena warna mempengaruhi psikologis, kognitif, rasa dan warna memberikan identitas pada objek manusia yang dilekatinya. Sehingga untuk membuat website pemilihan terhadap warna sangat penting. Penelitian ini akan berfokus untuk membandingkan beberapa warna pada E-commerce yang sudah ada di Indonesia salah satunya adalah Sociolla dan Guardian, untuk dinilai warna manakah yang memiliki tingkat brand awareness lebih tinggi untuk menjadi rekomendasi dalam pemberian warna untuk website E-commerce. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif data-data yang didapat dari sumber literarur mengenai teori psikologi warna Goethe dan Itten dipetakan kedalam teori kombinasi warna pada website
References
Ady, A., Mayla, S., & Agus, P. (2021). Pengaruh Kualitas Website E-Commerce, Kepercayaan, Persepsi Risiko dan Norma Subyektif terhadap Minat Beli Secara Online di Bukalapak,com. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), doi 10.33087 /jiubj.v21i3.1628.
Afrisia, R. Z. (2018). CEO Living Social Indonesia: Flash Site “Meledak” Dua Tahun Lagi, Viva.co.id.
Al-Qeisi, K., Dennis, C., Alamanos, C., & Jayawardhena, C. (2014). Website Design Quality and Usage Behavior: Unified Theory of Acceptance and Use of Technology, Journal of Business Research, 67(11), 2282-2290.
Ghafiki, R., & Setyorini, R. (2017). Pengaruh Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian pada Situs Bukalapak.com, Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 9(2), 678-686.
Indrajit, 2001, Analisis dan Perancangan Sistem Berorientasi Object. Bandung,
Informatika
Kiristian, S., Retno, I. R., & Hanifah, M. A. (2019). Analisis Warna Pada E-Commerce Terhadap Brand Awareness. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(1), 2548-964X. http://j-ptiik.ub.ac.id, hlm. 442-446.
Norman, D. A. (2004). Emotional design: Why we love (or hate) everyday things. New York, NY: Basic Books.
Sutisna, S. (2005). Manajemen Pemasaran, Indeks, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Refiana Selvi Adelina Refiana, Tommy Andrea Gunawan, Hendri Kremer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.