PERANCANGAN GAME VISUAL NOVEL SEBAGAI MEDIA PENGENALAN JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK CALON MAHASISWA

Authors

  • Citra Agustina Institut Teknologi Batam
  • Muhammad Adi Sukma Nalendra Institut Teknologi Batam
  • Dely Indah Sari Institut Teknologi Batam

DOI:

https://doi.org/10.62375/jdkv.v4i1.752

Keywords:

Desain Komunikasi Visual, Visual Novel, video game, interactive, promosi

Abstract

Pada era perkembangan digital yang pesat, industri kreatif merupakan industri yang sangat dibutuhkan pada era modern, dengan adanya industri kreatif dapat membantu meningkatkan kreativitas dan inovasi dari berbagai aspek. jurusan Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu jurusan yang memberikan kontribusi dalam  industri kreatif dan sangat diperlukan pada era digital. Namun, masih terdapat kurangnya pemahaman mengenai bidang studi Desain Komunikasi Visual yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi terhadap jurusan. Untuk mengatasi kesalahpahaman sekaligus memberikan pemahaman terhadap jurusan Desain Komunikasi Visual, perancangan ini akan dirancang dalam bentuk Video Game berjenis Visual Novel yang memberikan pengalaman interaktif kepada pemain untuk menjalankan dan mengetahui kehidupan dinamika beserta apa saja yang diperlukan untuk mengetahui jurusan Desain Komunikasi Visual dan ditemani karakter-karakter yang membantu pemain dalam mengeksplor. Pada perancangan ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi, survei, wawancara, dan studi literatur untuk dijadikan data. Hasil dan tujuan dari perancangan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengalaman bagaimana ruang lingkup jurusan Desain Komunikasi Visual berjalan beserta peluang karier yang dapat didapatkan dengan menggunakan media Visual Novel

References

Christoper Jordan Lipaw, Thamrin Sofian, & Theresia Herlina Rochadiani. (2023). Pengembangan Game Visual Novel Sebagai Media Promosi dan Pengenalan Kampus Menggunakan Game Development Life Cycle. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.51454/decode.v4i1.214

Fitria, I., Rahman, A., Solicitor R E, A. C., Desain Komunikasi Visual, P., Arsitektur dan Desain, F., Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (2023). Arty: Jurnal Seni Rupa Educational Campaign Design for Visual Communication Design Profession Introduction to 16-19-Year-Old Teenagers. In Arty (Vol. 12, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty

Galindra, G., Adnan, F., & Putra, A. (2023). Pengembangan Game Visual Novel Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. In Informatics Journal (Vol. 8, Issue 1).

Hartono, S., & Setya Marwati, F. (2021). PENINGKATAN EKONOMI KREATIF MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN PEMBUATAN BLANGKON DI KELURAHAN KARANGASEM LAWEYAN SURAKARTA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 2021. https://ejurnal.stimi-bjm.ac.id/index.php/BBJM/

Hastina Suryasputri, M., & Prasetyo, D. (2022). Perancangan Visual Novel dengan Mengadaptasi Legenda Roro Jonggrang.

Hidayat, S., & Rosidin, M. (2018). VISUALISASI DESAIN KARAKTER MAHASISWA JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PADA PAPAN PERMAINAN KULIAH SENI & DESAIN. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 03(02). http://bit.do/demandia

Kamisah, C., Sakura, Y., Sejati, D. W., Setyaningrum, I. T., Kurniawan, M. P., Palinngih, R. W., Nugraha, J. T., & Tidar, U. (2024). EFEKTIVITAS PEMASARAN DIGITAL SEBAGAI SARANA PROMOSI OLEH MAHASISWA. In Journal of Governance and Public Administration (JoGaPA) (Vol. 2).

Pratama, D., Gunarti, W., & Akbar, T. (2017). Understanding Visual Novel as Artwork of Visual Communication Design (Vol. 32, Issue 3).

Vovolita Hanrik, K., & Persada Supandi, F. (2023). Perancangan Game Visual Novel Berdasarkan Novel “Love Risk Management.” JURNAL VISUAL IDEAS, 3(2).

Widyo Harsanto, P. (2019). Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam Era Revolusi Industri 4.0.

Wira, Nalendra, M. A. S., & Harahap, W. L. (2024). Perancangan Animasi Tentang Wayang Potehi Tionghoa Untuk Remaja Di Batam. JURNAL RUPA MATRA, 3(1), 23–43. https://doi.org/10.62375/jdkv.v3i1.390

Yurisma, D. Y., & Prasetya, A. J. (2021). Pengenalan desain komunikasi visual dan animasi dalam dunia industri untuk pelajar Sekolah Menengah Atas. TEKMULOGI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.17509/tmg.v1i1.34297

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Citra Agustina, Muhammad Adi Sukma Nalendra, & Dely Indah Sari. (2025). PERANCANGAN GAME VISUAL NOVEL SEBAGAI MEDIA PENGENALAN JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK CALON MAHASISWA. JURNAL RUPA MATRA, 4(1), 18–36. https://doi.org/10.62375/jdkv.v4i1.752

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>