PERANCANGAN MEDIA IKLAN VIDEO TENTANG PENGAWASAN PENGGUNAAN GADGET UNTUK ORANGTUA ANAK-ANAK BERUSIA 2-10 TAHUN

Authors

  • herlina afrianti institute teknologi batam
  • Ria Sapitri Institut Teknolgi Batam

Keywords:

smartphone, kecanduan, media iklan, Kampanye sosial

Abstract

Saat ini, penggunaan smartphone tidak hanya terbatas pada orang dewasa, namun telah merambah ke kalangan remaja, anak-anak, dan bahkan anak usia dini. Penyebab utama dari penggunaan smartphone pada usia yang masih sangat muda adalah pola asuh orangtua yang memberikan smartphone pada anak untuk menghindari tangisan dan gangguan anak terhadap orangtua mereka. Sebagian orangtua masih kurang menyadari akan dampak buruk yang dapat timbul pada anak akibat penggunaan smartphone, salah satunya adalah terhambatnya tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, media iklan dapat dijadikan analisis yang tepat dalam konteks komunikasi visual. Selain menjadi sarana yang pantas, media iklan juga dapat menyebarluaskan informasi secara luas agar masyarakat dapat mengetahui dampak negatif penggunaan smartphone pada anak-anak dan cara menangani perilaku kecanduan smartphone pada anak.

References

Dhita Novebrin. (2021).Dampak Buruk Konten Pornografi untuk Anak dan Cara Mengatasinya. Diakses pada tanggal 27 Maret 2022 https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/dhita-novebrin nidia/dampak-konten-pornografi-untuk-anak-dan-cara-mengatasinya

Hani Nur Fajrina.(2014).Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dinsemakinmengkhawatirkan. Di akses pada tanggal 27 Oktober 2021. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151103093518-185- 89078/tingkat-kecanduan-gadget-di-usia-dini-semakin-mengkhawatirkan

Ismanto, Yudi & Onibala, Franly. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manad. Ejoural Keperawatan Volume 3(2). FK Unsrat Manando.

Madjadikara. 2004. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan ?. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka.

Nugroho. (2020). Survei KPAI: 79% Anak Pakai Gadget Selain untuk Belajar selama Pandemi Corona. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2021 https://kumparan.com/kumparannews/survei-kpai-79-anak-pakai-gadget-selain-untuk-belajar-selama-pandemi-corona-1tr1EmSiNur/full

Philip Kotler .(2005). Managemen Pemasaran. edisi kesebelas Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Prianggoro, Hasto. 2014. Anak dan Gadget: Yang Penting Aturan Main. Diakses dari http://www.tabloid-nakita.com/read/1/anak-dan-gadget-yang- penting-aturan-main pada tanggal 23 Maret 2021.

Rahmalia, N. (2021). Rencanakan Proyek yang Kolaboratif dan Efektif dengan Creative Brief. Diakses pada tanggal 12 November 2021 dari glints.com: https://glints.com/id/lowongan/creative-briefadalah/#.YVG9OZpBy00.

Ruslan, Rosady. (2007). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sholikhah, N. (2021) Tips Mengatasi Kecanduan Gadget. Diakses pada tanggal 27 Maret 2021 https://www.unair.ac.id/tips-atasi-kecanduan-gadget-pada-anak/.

Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The dentsu way: Secrets of cross switch marketing from the worlds most innovative advertising agency. New York, NY: McGraw-Hill.

Yusuf Mahesa.(2021). Pengertian Iklan : Pengertian,Karakteristik, Tujuan dan Manfaat. Di akses pada tanggal 12 November 2021 https://belajarekonomi.com/periklanan/

Hani Nur Fajrina.(2014).Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dinsemakinmengkhawatirkan. Di akses pada tanggal 27 Oktober 2021

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151103093518-185- 89078/tingkat-kecanduan-gadget-di-usia-dini-semakin-mengkhawatirkan

Published

2023-04-30

How to Cite

afrianti, herlina, & Ria Sapitri. (2023). PERANCANGAN MEDIA IKLAN VIDEO TENTANG PENGAWASAN PENGGUNAAN GADGET UNTUK ORANGTUA ANAK-ANAK BERUSIA 2-10 TAHUN. JURNAL RUPA MATRA, 1(2), 125–140. Retrieved from https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalrupamatra/article/view/86

Issue

Section

APRIL 2023