PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI POP-UP MENGENAI PENTINGNYA MEMBACA BUKU UNTUK ANAK-ANAK USIA 6-8 TAHUN

Authors

  • venny institut teknologi batam
  • muhammad adi sukma nalendra Institut Teknologi Batam
  • Amy Maulid Institut Teknologi Batam

DOI:

https://doi.org/10.62375/jdkv.v3i1.391

Keywords:

ilustrasi, buku, membaca, pop up, book

Abstract

Buku adalah jendela dunia. Melalui buku kita bisa mendapat banyak pengetahuan, sayangnya kebiasaan membaca di kalangan anak-anak mulai luntur. Apabila kebiasaan ini tergantikan, maka dapat menjadi kondisi yang sangat disayangkan. Perancangan ini ditujukan untuk membuat sebuah pengalaman bahwa membaca itu seru dan penting melalui sebuah buku cerita pop-up untuk anak-anak di usia 6-8 tahun. Salah satu keunggulan media pop-up adalah terdapat kejutan pada setiap membuka halaman buku. Melalui penggunaan media ini anak-anak diharapkan dapat memiliki pengalaman memasuki dunia yang mereka fantasikan saat membaca agar dapat mengeksplor dunia cerita lebih dalam dan penarasan untuk tetap membaca lagi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif untuk mengumpulkan data terkait konten yang menarik dan peningkatan minat baca untuk usia anak 6-8 tahun. Instrumen penelitian yang dituju adalah melalui wawancara, kuesioner, observasi, survei dan studi literatur terkait perancangan buku pop-up. Metode perancangan yang dilakukan adalah menggunakan tahap perencanaan, pra-produksi dan produksi.

 

References

Allcott, Lisa. (2021). Reading on-screen vs reading in print: What’s the difference for learning? <https://natlib.govt.nz/blog/posts/reading-on-screen-vs-reading-in-print-whats-the-difference-for-learning>

DPR. (2021). Minta Baca Bisa Tingkatkan Kesejahteraan. <https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/32739/t/Minat+Baca+Bisa+Tingkatkan+Kesejahteraan>

Ecole, Admin. (2020). Color Psychology: How color affects your child. <https://www.ecoleglobale.com/blog/how-color-affects-your-child/>

Educhannel. (2022). Literasi Membaca. Diakses Pada Tanggal 9 Oktober 2022

<https://educhannel.id/blog/artikel/literasi-membaca.html>

Fitri. (2021). Pola Asuh Orangtua Dalam Pembinaan Minat Baca Anak di Sd It Darul Falah Bener Meriah.

Hajerah., dan Syamsuardi. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak di TK Insan Cita Kec. Masamba Kab. Luwu Utara.

Hidayat, E.D, Hendy Yuliansyah, Agus Triyadi. (2020). Perancangan Buku Interaktif Untuk Edukasi Anak Usia 9-12 Tahun di SDN 107 Paledang Bandung.

Jesse, Albert., Bramantya. dan Pratama, Ryan. (2015). Perancangan Buku Cerita Interaktif untuk Menimbulkan Minat Baca Anak Usia 4-6 Tahun.

Kbbi. (2023). Pengertian Anak. <https://kbbi.web.id/anak-anak>

Krisnan. (2018). 4 Pengertian Media Pop Up Berdasarkan Pendapat Para Ahli. < https://meenta.net/4-pengertian-media-pop-up/>

Santoso, Joko. (2022). Ketertarikan Game Online daripada Minat Membaca Bagi Anak.

Setiautami, Dria. (2011). Eksperimen Tipografi dalam Visual Anak. <https://media.neliti.com/media/publications/167175-ID-eksperimen-tipografi-dalam-visual-untuk.pdf>

Shelley, John. (2013). Picture Book Basics - Sketches and Layout. Diakses Pada Tanggal 5 Januari 2023 < https://www.wordsandpics.org/2013/08/picture-book-basics-sketches-and-layout.html>

Lombardi, Esther. (2021). Why We Don't Read. Diakses Pada Tanggal 4 Juni 2022 <https://www.thoughtco.com/why-people-dont-read-738494>

Maio, Alyssa. (2023) What Is the Three Act Structure and Why it works. <https://www.studiobinder.com/blog/three-act-structure/>

Marunung M.P, Dorlince S. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai.

Patel, Neil. (2021). Psychology of Excitement. Diakses Pada Tanggal 4 Juni 2022 <https://blog.hubspot.com/marketing/psychology-of-excitement >

Paul, Pamela. Russo, Maria. (2017). How to Raise a Reader. <https://www.nytimes.com/guides/books/how-to-raise-a-reader>

Prof. Dr. Dhiraj, Amarendra Bushan. (2019). Gadgets vs Books – A Dilemma for Millenial Kids. <https://ceoworld.biz/2019/07/10/gadgets-vs-books-a-dilemma-for-millennial-kids/>

Unicef. (2021). Pengembangan Literasi untuk Anak Usia 7-8 Tahun. <https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220709_130140.pdf>

Raising Children. (2022). Language Development: 5-8 Years. <https://raisingchildren.net.au/school-age/development/language-development/language-5-8-years>

Rhamadanty, S.M. (2022). Manfaat Membaca Buku Bagi Anak. Zenius. <https://www.zenius.net/blog/manfaat-membaca-buku-bagi-anak>

Scholastic. How Pop-Up Books Can Boost Reading Skills. <https://www.scholastic.com/parents/family-life/parent-child/how-pop-books-improve-reading-skills.html>

Vorchitect. (2017). Anthro Chart. Diakses Pada Tanggal 3 Januari 2022 <https://www.furaffinity.net/view/25862873/>

Widhiastuti, Reni. (2020). Perancangan Ilustrasi Buku Pop Up Sebagai Media Pengenalan Berbagai Macam Profesi Untuk Anak Usia Dini.

Yusuf, Vanessa. Malkisedek, Mendy H. (2020). Perancangan Pop Up Kisah Eksodus.

PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI BIOGRAFI 17 PAHLAWAN NASIONAL WANITA SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA 7 – 12 TAHUN

Khofif, E., & Harahap, W. L. (2023). Perancangan Buku Ilustrasi Biografi 17 Pahlawan Nasional Wanita Sebagai Sarana Pembelajaran Untuk Anak Usia 7 - 12 Tahun.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

venny, muhammad adi sukma nalendra, & Amy Maulid. (2024). PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI POP-UP MENGENAI PENTINGNYA MEMBACA BUKU UNTUK ANAK-ANAK USIA 6-8 TAHUN. JURNAL RUPA MATRA, 3(1), 1–22. https://doi.org/10.62375/jdkv.v3i1.391

Most read articles by the same author(s)