VIRTUAL YOUTUBER SEBAGAI MEDIA BRANDING DAN PENYEBARAN INFORMASI
DOI:
https://doi.org/10.62375/jdkv.v3i2.458Keywords:
vtuber, branding, informasi, konten, mediaAbstract
Di masa digital ini mayoritas orang menghabiskan waktu luangnya di internet dengan mencari konten hiburan yang ada di Internet. Salah satu yang paling populer adalah konten berbentuk video yang disediakan di situs bernama YouTube. YouTube menyediakan konten berbentuk video juga layanan siaran langsung. Banyak yang membagikan pengalaman mereka pada situs YouTube dan menyebut diri mereka sebagai Youtuber yang mengunggah video buatan mereka untuk menghibur banyak orang. Belakangan ini, youtuber tidak selalu menunjukan wajah mereka, Virtual Youtuber atau biasa disebut vtuber menggunakan karakter digital yang berbentuk 2D maupun 3D untuk merepresentasikan diri mereka yang tidak tampil di depan kamera. Akhir-akhir ini konten vtuber berkembang pesat. Sedikit demi sedikit vtuber juga mulai muncul di kalangan mainstream, mulai dari muncul di iklan maupun menjadi salah satu staff di salah satu lembaga pemerintah. Berdasarkan hal tersebut, Dapat dikatakan vtuber mempunyai potensi menjadi sebuah media branding maupun menyampaikan informasi. Berdasarkan respon banyak orang khususnya penikmat konten vtuber, konsep vtuber sebagai media penyebaran informasi dan branding sangatlah mungkin terjadi. Bahkan sudah ada yang mulai menerapkan hal ini seperti kolaborasi Honda Beat x Kobo Kanaeru dan fenomena vtuber BMKG Gowa, Shinna Faultline. Dilihat dari kedua contoh tersebut, terbukti vtuber sebagai media penyebaran informasi juga media branding sangatlah efektif dan diterima secara positif oleh audiens.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42716/1/PENGANTAR%20METODOLOGI%20PENELITIAN.pdf
Adzania, Jasmine & Arianingsih, Anisa. (2022). DAMPAK MENONTON VTUBER TERHADAP PENGGEMAR BUDAYA POPULER JEPANG DI BANDUNG. MAHADAYA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya. https://www.researchgate.net/publication/366532951_DAMPAK_MENONTON_VTUBER_TERHADAP_PENGGEMAR_BUDAYA_POPULER_JEPANG_DI_BANDUNG
Amarulloh, Naufalul & Degeng, I & Fajarianto, Otto. (2024). Analisis Potensi Karakter vtuber Sebagai Media Dalam Program Pelatihan Analysis Of The Potential Of vtuber Characters As A Medium In Training Programs. Journal of Educational Technology Studies and Applied Research. https://www.researchgate.net/publication/383479301_Analisis_Potensi_Karakter_vtuber_Sebagai_Media_Dalam_Program_PelatihanAnalysis_Of_The_Potential_Of_vtuber_Characters_As_A_Medium_In_Training_Programs
Ali, M. Makhrus, et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/download/86/27
Cahyana, A.A.C. (2020). THE USE OF YOUTUBE VIDEO IN TEACHING ENGLISH FOR FOREIGN LANGUAGE AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3399/0
Creswell, John W. (2018). Research Design Fifth Edition: Quantitative, Qualitative, and Mixed Method Approaches. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/510378/mod_resource/content/1/creswell.pdf
Djollong, Andi Fitriani. (2014). TEHNIK PELAKSANAAN PENELITIAN KUANTITATIF. https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/download/224/197
Davey, Frank. (2019). The 'Virtual YouTuber' Phenomenon in Japan. https://www.researchgate.net/publication/353659490_The_'Virtual_YouTuber'_Phenomenon_in_Japan
Ferreira, Julio Cesar & Regis, Rafael & Gonçalves, Paula & Diniz, Gabriela & Tavares, Vitor. (2022). VTuber concept review: The new frontier of virtual entertainment. https://www.researchgate.net/publication/372442701_VTuber_concept_review_The_new_frontier_of_virtual_entertainment
Hartsell, Taralynn & Yuen, Steve & Yuen, Yin. (2006). Video streaming in online learning. https://www.researchgate.net/publication/228667691_Video_streaming_in_online_learning
Hidayatullah, Syarif. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA VTUBER DAN IMPLEMENTASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/bestari/article/download/33222/13910
Karenina, & Luthfia, Amia. (2019). Youtuber personal branding content analysis. A study on indonesian youtuber “atta halilintar”.
International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering. 8. 3074-3080. 10.30534/ijatcse/2019/66862019. https://www.researchgate.net/publication/345391203_Youtuber_personal_branding_content_analysis_A_study_on_indonesian_youtuber_atta_halilintar
Normah, et al. (2022). Analisa Sentimen Perkembangan vtuber Dengan Metode Support Vector Machine Berbasis Smote. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/13041/pd
Podduwage, Divanka & Ratnayake, Patrick & Manuratne, Prabha. (2021). A Study on Use of Streaming Media by the University Students. https://www.researchgate.net/publication/353587668_A_Study_on_Use_of_Streaming_Media_by_the_University_Students
Ponsen, Keygi Nisatazkiyah Floresti & Setiana, Soni Mulyawan. (2023). PERANCANGAN VIRTUAL YOUTUBER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG TINGKAT PEMULA. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/mahadaya/article/download/8329/3724/
Puspitaningrum, Dwiana Rachmadewi & Prasetio, Aerie. (2019). Fenomena “Virtual Youtuber” Kizuna Ai di Kalangan Penggemar Budaya Populer di Indonesia. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/4758
Widodo, Akdeas Oktanae & Septiadi, Rahman & Rakhmawati, Nur Aini. (2023). ANALISIS TREN KONTEN PADA VTUBER INDONESIA MENGGUNAKAN LATENT DIRICHLET ALLOCATION. https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/download/718/255/4286
Vytiaz, Alina. (2018). Youtube - a new era of TV?. www.researchgate.net/publication/328874004_Youtube_-_a_new_era_of_TV
Wardhana, Aditya. (2024). BRAND AND BRANDING. https://www.researchgate.net/publication/383869792_BRAND_AND_BRANDING
Zhao, Ziyu. (2022). The Live Commerce of VTuber. https://www.researchgate.net/publication/368493303_The_Live_Commerce_of_VTuber
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Caesilia Mulan Eka Putri Suharjono, Sri Retnoningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							










