ANALISA KEEFEKTIFAN MEDIA IKLAN COVID-19 MENGGUNAKAN PENDEKATAN EPIC MODEL DAN ERGONOMI KOGNITIF

Authors

  • Assaidatul Husna Institut Teknologi Batam
  • Nurul Ilmi Institut Teknologi Batam
  • Leka Lesmita Simamora Institut Teknologi Batam

Keywords:

iklan, ingat , pesan , ibu, EPIC model, ergonomi, kognitif

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang terjangkit virus corona (Covid-19). Peran pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19 adalah memberi arahan kepada masyarakat untuk dapat menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Protokol kesehatan mencakup penerapan 3M diantaranya memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Salah satu upaya pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 dalam menggalakkan aksi 3M yakni dengan media informasi iklan. Salah satu negara yang positif mengidap virus corona (Covid-19) adalah Indonesia. Terhitung bulan November 2021 diketahui total kasus Covid-19 mencapai angka 4.252.345 kasus. Hal ini karena Indonesia adalah negara yang sangat beragam budaya hingga tingkat pendidikan. Sehingga jargon ‘ibu’ dianggap mampu memberi makna universal untuk menyampaikan pesan dari iklan Ingat Pesan Ibu. Penelitian ini melakukan pengukuran dengan EPIC Model untuk mengetahui seberapa efektif iklan Ingat Pesan Ibu tersebut. EPIC Model terdiri dari empat aspek yaitu empathy, persuasion, impact dan communication. Hasil yang didapatkan yakni aspek persuasion yang memiliki skor tertinggi sebesar 4,20. Sedangkan hasil EPIC rate secara keseluruhan diketahui mendapat nilai 4,12 yang artinya iklan Ingat pesan Ibu dinilai efektif dalam memberikan pesan dan informasi kepada penonton.

References

Ardhi, B. M. and Sastika, W. (2018) ‘EPIC MODEL DAN DIRECT RATING METHOD : Eektifitas Iklan Media Sosial Instagram Batagor Hanimum di Kota Cimahi Tahun 2018’, in e-proceeding of Aplpied Science, p. 985. Available at: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/7103.

Erawan, R. (2014). Evaluasi Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Kecepatan Reaksi Pekerja Shift dan Non Shift. ERAWAN | REKA INTEGRA. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekaintegra/article/view/399

Gunawan, L. (2014). Efektivitas Iklan Televisi Suzuki Karimun Wagon R di Masyarakat Surabaya. Komunikasi, 2(3), 1–10.

Https://covid19.go.id/. (2021). Data Sebaran Covid-19 di Indonesia.

Hutabarat, J. (2018). Kognitif Ergonomi. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1689–1699.

Indonesiabaik.id. (2020). Jangan Lupa Pakai Masker. Kominfo.

La Ede, A. rahman. (2014). Faktor yang Berhubungan dengan Kemandirian Lansia di Desa Borimatangkasa Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa.

Lo, H., & Liou, J. J. H. (2019). A novel failure mode and effect analysis model for machine tool risk analysis. Reliability Engineering and System Safety, 183(November2018),173183.https://doi.org/10.1016/j.ress.2018.11.01

Lukitaningsih, A. (2013). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN Ambar Lukitaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670/576

Nurhayati, R., Pribadi, E. M., Afiliasi, N. I., & Nurhayati, R. (2009). Analisa Aspek Ergonomi Kognitif Terhadap Fenomena Buku Elektronik ( eBook ). November, 978–979.

Wahidah, I., Athallah, R., Hartono, N. F. S., Rafqie, M. C. A., & Septiadi, M. A. (2020). Pandemik COVID-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 11(3), 179–188. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i3.31695

Zhu, G., Hu, J., Qi, J., Gu, C., & Peng, Y. (2015). Advanced Engineering Informatics An integrated AHP and VIKOR for design concept evaluation based on rough number. Advanced Engineering Informatics, 29(3), 408–418. https://doi.org/10.1016/j.aei.2015.01.010

Published

2023-10-30

How to Cite

Assaidatul Husna, Nurul Ilmi, & Leka Lesmita Simamora. (2023). ANALISA KEEFEKTIFAN MEDIA IKLAN COVID-19 MENGGUNAKAN PENDEKATAN EPIC MODEL DAN ERGONOMI KOGNITIF . JURNAL RUPA MATRA, 2(1), 83–99. Retrieved from https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalrupamatra/article/view/176

Issue

Section

OKTOBER 2023

Most read articles by the same author(s)