PERANCANGAN BRANDING MUSEUM RAJA ALI HAJI SEBAGAI PUSAT WISATA BUDAYA MELAYU KOTA BATAM

Authors

  • Rhahima Aisya Putri institut teknologi batam
  • Ria Sapitri Institut Teknologi Batam
  • Muhammad Adi Sukma Nalendra Institut Teknologi Batam

DOI:

https://doi.org/10.62375/jdkv.v3i2.590

Keywords:

branding, museum, budaya, melayu, pariwisata

Abstract

Museum merupakan sebuah wisata budaya dalam upayanya menyampaikan sebuah informasi mengenai sejarah maupun kebudayaan dengan melibatkan masyarakat secara aktif. Akan tetapi, perspektif mengenai wisata museum yang kuno, tua, membosankan dan menyeramkan masih dominan di kalangan masyarakat. Salah satunya terjadi di Museum Raja Ali Haji yang berada di Kota Batam. Kurangnya branding serta promosi terhadap museum mengakibatkan kurangnya intensitas pengunjung yang datang ke museum. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk merancang branding Museum Raja Ali Haji dan kelanjutan pengaruh branding terhadap museum dalam rangka mengubah pandangan masyarakat untuk membentuk citra wisata positif yang lebih kuat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur, wawancara, kuesioner dan melakukan observasi. Tujuan besar dari perancangan penelitian ini diharapkan Museum Raja Ali Haji dapat meningkatkan daya tarik visual dan meningkatkan intensitas pengunjung serta citra Museum Raja Ali Haji.  

 

References

Ambalegin, Arianto, T., & Azharman, Z. (2019). Kampung Tua Nongsa Sebagai Tujuan Wisata Berbasis Kearifan Lokal Budaya Melayu Batam. Dinaamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 67-75. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2863

Amin, D. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Warna Dengan Metode Menggambar. Jurnal Ilmiah Umum (JIUM), 1(1).

Ardhanariswari, K. A., & Hendariningrum, R. (2014). Desain Layout dalam Iklan Cetak (Analisis Deskriptif pada iklan di Majalah Kartini). Jurnal ilmu komunikasi, 12(3), 259-266.

Belenioti, Z. C., & Vassiliadis, C. A. (2017). Branding in the new museum era. In Strategic Innovative Marketing: 4th IC-SIM, Mykonos, Greece 2015 (pp. 115-121). Springer International Publishing.

Danuwidjojo, J., Iood, F., & Sidabutar, Y. F. (2021). Kearifan lokal melayu sebagai identitas Kota Batam. Jurnal Potensi, 1(2), 22-28.

Daranca, U. (2019). Upaya Peningkatan Wisata di Jakarta melalui Museum: Strategi Pengembangan Museum Nasional Indonesia. Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies, 1(1).

Harahap, W. L., Septiana, R., & Nethania, E. (2024). Perancangan Signage Dan Wayfinding di Pantai Nongsa Batam. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 9(2), 225–234. https://doi.org/10.36982/jsdb.v9i2.4096

Hereyah, Y., & Kusumaningrum, R. (2019). Proses destination branding dalam membentuk citra tujuan wisata museum Indonesia. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Volume IX No. 2.

King, B. A. (2015). Branding, legitimation and the power of museum : The case of the Louvre. Abu Dhabi. Museum & Society, 13(3) (Agust), 322-341.

Kusrianto, A. (2013). Pengantar tipografi. Elex Media Komputindo.

Pemerintah Pusat, (1995). Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pemeliharaan dan Pemanfaatan Benda Cagar Budaya di Museum. PP Nomor 19 Tahun 1998. Jakarta.

Republik Indonesia, (2009). Undang-Undang Republik Indonesia No.10 Tahun 2009. Jakarta.

Rustan, S. (2021). Logo Buku 1. Cv Nulis Buku Jendela Dunia.

Rustan, S. (2021). Logo Buku 2. Cv Nulis Buku Jendela Dunia.

Rustan, S. (2021). Layout Buku 1. Cv Nulis Buku Jendela Dunia.

Rustan, S. (2021). Layout Buku 2. Cv Nulis Buku Jendela Dunia.

Rustan, S. (2013). Font and tipografi. Gramedia Pustaka Utama.

Sahputra, Y. K. (2022). Menghabiskan Akhir Pekan di Museum Raja Ali Haji di KotaBatam. https://travel.tempo.co/read/1638334/menghabiskan-akhir-pekan-di-museum-raja-ali-haji-di-kota-batam.

Sianturi, R. U. (2022). Museum Batam Raja Ali Haji, Dulu Gedung Mangkrak Kini Pusat Sejarah dan Wisata Batam. https://batam.tribunnews.com/2022/08/01/museum-batam-raja-ali-haji-dulu-gedung-mangkrak-kini-pusat-sejarah-dan-wisata-batam?page=3.

Subhiksu, I. B. K., & Utama, G. B. R. (2018). Daya Tarik Wisata Museum Sejarah dan Perkembangannya di Ubud Bali. Deepublish.

UNESCO (2005). Convention on the Promotion, and Protection of the Diversity of Cultural Expressions. On – line document https://www.unesco.org/en/legal-affairs/convention-protection-and-promotion-diversity-cultural-expressions

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Putri, R. A., Sapitri, R., & Nalendra, M. A. S. (2025). PERANCANGAN BRANDING MUSEUM RAJA ALI HAJI SEBAGAI PUSAT WISATA BUDAYA MELAYU KOTA BATAM . JURNAL RUPA MATRA, 3(2), 105–126. https://doi.org/10.62375/jdkv.v3i2.590

Issue

Section

Article