PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KACA FILM MOBIL DI AUTOFARREL VARIASI PASCA PANDEMI MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

Authors

  • Kaivita Nahwi Universitas Ibnu Sina
  • M. Ansyar Bora Institut Teknologi Batam
  • Widi Nugraha Institut Teknologi Batam

Keywords:

Autofarrel Variation, SWOT, IFE and EFE Matrix

Abstract

Autofarrel Variasi merupaka perusahaan yang bergerak di bidak penjualan kaca film dan aksesoris mobil. Autofarrel Variasi yang berlokasi di jalan Laksamana Bintan, ruko graha mas Blok J no 15 Sungai Panas, Batam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui startegi dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan penjualan untuk mencapao peningkatan yang lebih baik. Dalam penelitina ini penulis menggunakan metode SWOT dengan pengolahan data dari faktor inter dan eksternal , diagram cartesius dan analisis SWOT. Dengan analisa ini menghasilkan IFE 3.36 dan hasil EFE 3.48. pada hasil SWOT matriks didapatkan beberapa kemungkinan alternatif strategi dengan cara menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang (SO), memanfaatkan peluang untuk mengatasi kelemahan (OW), menggunakan kekuatan untuk menghindari ancaman (ST) dan meminimalisasikan kelemahan dan menghindari ancaman (WT) . Berdasarkan hasil analisa maka hal yang harus dialkukan perusahaan untuk mempertahankan reputasi perusahaan dengan memperluas pangsa pasar dan meningkatkan kualitas kaca film.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-hakim Niko. (2021). Menata Ulang Bisnis F&B Pasca Pandemi (Studi kasus : Strategi komunikasi pemasaran sate Taichan “Goreng”). Jurnal PIKMA: Publikasi Media dan Cinema, 3(2).

Bora M. Ansyar, & Machfudzi sahli. (2020). Analisa Strategi Pemasaran Penjualan Martabak Menggunakan Metode SWOT. Jurnal Teknik Ibnu Sina, 5(2), 25-35.

Hidayat, R., & Rahmat, R. (2018). Analisis SWOT sebagai dasar keputusan strategi pemasaran pada perusahaan server pulsa di Kota Batam (studi kasus pada CV. Star Pratama). Journal of Applied Business Administration, 2(1), 94-108.

Luntungan, W. G., & Tawas, H. N. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4).

Miharja, K. (2018). Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Bisnis Susu Murni Q-Milk. Jurnal Ecodemica, 2(1), 30-38.

Pasaribu, H. F. (2018). Penerapan Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran Pada PT. Arma Anugerah Abadi Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan).

Puspasari Aprilia. (2020). Strategi Penjualan Sepatu dengan Metode Analisis SWOT di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntabel, 17(2).

Puspasari, A., & Adawia, P. R. (2020). Strategi penjualan sepatu dengan metode analisis swot di era pandemic covid-19. AKUNTABEL, 17(2), 270-276.

Reza, F., Santoso, B., & Dewi, E. (2020). Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT pada Mini Market di Mutiara Mart Rowotengah Jember. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 301-307.

RIZAL, M. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kaca Film 3m Di Surabaya (Doctoral Dissertation, Stiesia Surabaya).

Suhartini, S. (2018). Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada Perusahaan. MATRIK: Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, 12(2), 82-87.

Syaiful Fahmi Fadillah & Elihami Elihami. (2020). Penerapan Analisis SWOT terhadap strategi pemasaran usaha minuman kamsia BOBA milik Abdullah di tengah pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Edukasi Non Formal, 344-359.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Kaivita Nahwi, M. Ansyar Bora, & Widi Nugraha. (2022). PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KACA FILM MOBIL DI AUTOFARREL VARIASI PASCA PANDEMI MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. Jurnal Manajemen Rekayasa Dan Inovasi Bisnis, 1(1), 1–10. Retrieved from http://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/14

Issue

Section

AGUSTUS 2022