PENERAPAN METODE SWOT DAN QSPM DALAM STRATEGI PEMASARAN BUKET BUNGA TERHADAP GENERASI GEN Z

Authors

  • Ahmad Hanafie Hanafie Universitas Islam Makassar
  • Andi Haslindah Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62375/jmrib.v3i2.553

Keywords:

SWOT, QSPM, Marketing Strategy, Gen Z.;

Abstract

Penerapan Analisa SWOT dengan Matriks QSPM. Manfaat Analisa SWOT: Membantu mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman  yang dihadapi oleh suatu organisasi atau proyek. Sedangkan Manfaat Matriks QSPM: Membantu mengintegrasikan hasil analisis SWOT dengan strategi yang efektif, Membantu mengidentifikasi strategi yang paling efektif untuk mencapai tujuan dan sasaran, Membantu mengalokasikan sumber daya yang tersedia untuk strategi yang paling efektif, Membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan dan sasaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah penerapan  mietoidie SWOiT dalam strategi pemasaran bujet bunga terhadap generasi Gen Z. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif aan kuantitatif  yaitu pienielitian kualitatif mieliputi kuesioner yang akan disebarkan oleh peneliti ke responden sedangkan, dan Pienielitian kuantitatif mieliputi meliputi pembobotan dengan memposisikan faktor internal dan eksternal yang akan dijadikan perencanaan strategi dalam meningkatkan pemasaran buket bunga. Hasil penelitian diperoleh 8 strategi berdasarkan hasil analisa SWOT dan matriks QSPM yaitu 1. Melaksanakan promosi melalui medsos, serta membuat bunner, panflek, dan brosur 0,84, 2. Lebih meningkatkan keunggulan terhadap layanan dan produk 0,84, 3. Meningkatkan layanan yang optimal terhadap customer 0,83, 4. Produk yang dihasilkan yang unit dalam merangkai buket bunga yang lebih variatif 0,83, 5. Melakukan secara terus menerus inovasi yang baru dalam produk maupun jasa terhadap buket bunga 0,82, 6. Meningkatkan kepercayaan customer terhadap buket bunga 0,82,  7. Meningkatkan kreatif dan skill tenaga kerja 0,72, dan 8. Meningkatkan event-event serupa untuk mengjangkau segmen pasar 0,70

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. H. A. F. M. &. F. I. Suryadi, "Pelatihan Pemasaran Media Sosial untuk Mendukung Wirausaha Generasi Z di Kota Malang," Jurnal of Community Service, vol. 5, no. 4, 2023.

A. H. M. A. S. S. Ahmad Hanafie, "ANALISA PERBANDINGAN TINGKAT PENJUALAN TANAH KAVLING SECARA TRADISIONAL DAN MODERN DI DESA DAMAI KEC. TANRALILI, KAB MAROS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT," Journal Indsutrial Engineering and Manag, vol. 1, no. 2, pp. 44-48, 2020.

A. H. R. R. D. S. Ahmad Hanafie, "Pengukuran Kinerja Karyawan Sales dengan Metode Balance Scorecard di PT Kolega Mitra Berjasa," Journal Industrial Engineering and Management, vol. 4, no. 2, pp. 12-20, 2023.

A. C. D. I. F. Ahmad Hanafie, "Analisa Produk Unggulan Sektor Pertanian di Kab. Maros Berbasis Web Menggunakan Metode Location Quotient dan Shift Share," 2023, vol. 18, no. 02, pp. 57-62, ILTEK: Jurnal Teknologi.

,. H. A. &. H. H. (. Andi Haslindah, "Implementation Of Marketing Strategies In Increasing Sales Volume. In Iternational Journal of Science, https://ijstm.inarah.co.id," International Journal of Science, 2023.

R. S. Ahmad Hanafie, "Perancangan Produk Kopi Bisang Berbasis Metode SWOT Analisis dan Marketing MIX," ILTEK: Jurnal Teknologi, vol. 14, no. 02, pp. 60-63, 2019.

Ahmad, H. Hakim and H. Gali, "Pengaruh Motivasi Internal dan Motivasi Eksternal terhadap Kinerja Pegawai pada PT. Perkebunan Nusantara XIV Kota Makassar," Journal Industrial Engineering and Management (JUST-ME), vol. 3, no. 01, pp. 18-22, 2022.

A. A. M. M. &. K. K. Andi Haslindah, "PENGEMBANGAN PRODUK KUE DADAR BELANDA MAKANAN TRADISIONAL PADA HOME INDUSTRI MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT," Journal Industrial Engineering and Management (JUS-ME), vol. 3, no. 01, pp. 1-5, 2022.

A. H. S. S. Ahmad Hanafie, "PENERAPAN WAKTU KERJA DENGAN METODE PENGUKURAN KERJA SECARA LANGSUNG PADA PROSES PEMBUATAN PUTU," ILTEK: Jurnal Teknologi , vol. 17, no. 02, pp. 130-135, 2022.

A. Hanafie, "BAB 11. KEPEMIMPINAN," in ORGANISASI MANAJEMEN PERUSAHAAN INDUSTRI, Padang, GET PRESS INDONESIA, 2024, p. 179.

Downloads

Published

2025-02-26

How to Cite

Hanafie, A. H., & Andi Haslindah. (2025). PENERAPAN METODE SWOT DAN QSPM DALAM STRATEGI PEMASARAN BUKET BUNGA TERHADAP GENERASI GEN Z. Jurnal Manajemen Rekayasa Dan Inovasi Bisnis, 3(2), 65–76. https://doi.org/10.62375/jmrib.v3i2.553