Jurnal Manajemen Rekayasa dan Inovasi Bisnis https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib <p><strong><em>Jurnal Manajemen Rekayasa dan Inovasi Bisnis </em></strong>merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Manajemen Rekayasa ITEBA. jurnal ilmiah ini <em>open access</em> dan <em>peer-review</em> yang diterbitkan dua kali setahun (Agustus dan Februari). bertujuan untuk mencapai teori dan aplikasi mutakhir. Jurnal ini merupakan media penyebaran informasi hasil penelitian bagi dosen, peneliti¸ mahasiswa dan praktisi.</p> en-US agung@iteba.ac.id (Ir. Aulia Agung Dermawan, S.T., M.T) frangkyka@gmail.com (Frangky Silitonga) Fri, 28 Feb 2025 08:10:56 +0000 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN MODEL HUMAN RESOURCES SCORECARD PADA PT. XYZ https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/454 <table width="599"> <tbody> <tr> <td width="365"> <p><em>Data was obtained through brainstorming and interviews with human resource managers, from the interview results obtained the implementation of the company's vision, mission and strategy. Furthermore, questionnaires were distributed to expert respondents, namely human resource managers to obtain priority weights. The KPI design that can be applied by PT. XYZ includes 4 KPIs in the financial perspective, 7 KPIs in the customer perspective, 6 KPIs in the internal and business perspective, and 4 KPIs in the learning and growth perspective. The results of KPI measurements with the traffic light system contain 17 KPIs with a green category indicating that they are in accordance with the company's targets and 4 KPIs with a yellow category indicating that they need to be improved again.</em></p> </td> </tr> </tbody> </table> Ismail, Marwan, Yuli Setiawannie Copyright (c) 2025 ISMAIL https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/454 Thu, 13 Feb 2025 00:00:00 +0000 OPTIMASI BIAYA PRODUKSI DENGAN PENERAPAN METODE TRANSPORTASI https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/447 <p>Pemenuhan permintaan konsumen merupakan hal yang sangat penting bagi pelaku bisnis, karena pemenuhan permintaan konsumen akan mempengaruhi keuntungan dan umpan positif dari konsumen terhadap bisnis. Proses produksi juga dapat diartikan sebagai kegiatan menghasilkan produk baik berupa barang atau jasa dengan meminimalkan&nbsp; waktu keseluruhan dan menghemat biaya agar dapat menghasilkan produk yang optimal. Saat ini, permintaan seluruh produk laser probe sebanyak 4.233 buah per bulan, dan kapasitas produksi sebanyak 3.141 buah per bulan. Berdasarkan total permintaan, kapasitas produksi masih dapat terpenuhi, namun banyak pelanggan yang kecewa karena permintaan&nbsp; beberapa&nbsp; varian tipe seringkali tidak terpenuhi. Pada penelitian ini menerapkan model transportasi dengan North West Corner yang metode dimodifikasi pada bulan Sepetember, Oktober dan November 2024. Metode North West Corner menunjukkan bahwa dengan meningkatkan kapasitas dalam pemenuhan kebutuhan akan memberikan keuntungan yang akan lebih tinggi terlihat pada bulan November dari Rp. 172.500.000 menjadi Rp. 171.150.000.</p> Johana Sihol Marito Purba Copyright (c) 2025 Johana Sihol Marito Purba https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/447 Mon, 17 Feb 2025 00:00:00 +0000 STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH (UKM) https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/534 <table width="599"> <tbody> <tr> <td width="365"> <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan penurunan pendapatan penjualan pada warung makan patimah serta untuk mengetahui bagaimana menyusun strategi yang dapat meningkatkan pendapatan penjualan. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode SWOT dan bauran pemasaran 7p untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman untuk melihat diposisi mana Warung makan Patimah dan menyarankan strategi baru dalam menciptakan inovasi baru untuk dapat bersaing dengan pesaing Warung makan Patimah. Berdasarkan penelitian yang memperoleh faktor internal dan eksternal melalui analisa kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman dengan perhitungan matrik EFE dan IFE, diperoleh hasil posisi berada pada kuadran I, strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif Fokus pada strategi ini adalah menggunakan kekuatan yang dimiliki Warung Ibu Patimah guna memanfaatkan berbagai. Pada bauran pemasaran 7p yang diprioritaskan penarapannya harga dan promosi untuk mempertahankan dan memberikan harga yang kompetitif, promosi potongan harga diplatform serta memanfaatkan pemasaran pada platform digital</span></span></span></span></span></span></p> </td> </tr> </tbody> </table> Herman, Andi Hepy Susanti ., Hasnawati, M. Ansyar Bora Copyright (c) 2025 HERMAN HERMAN, Andi Hepy Susanti ., Hasnawati, M. Ansyar Bora, Zeri Yusdinata https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/534 Tue, 25 Feb 2025 00:00:00 +0000 Does marketing capability mediate the relationship between entrepreneurial orientation and SME performance? https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/556 <p><em>The purpose of this study was to analyze the role of marketing capabilities and dimensions of entrepreneurial orientation on the performance of SMEs in the city of Padang. All leaders or owners of SMEs in the city of Padang are the population of this study. The sampling technique used in this research is non-probability sampling with accidental sampling technique. Samples were taken as many as 152 samples. This research uses SEM-PLS. The results showed that there was a positive and significant influence of the entrepreneurial orientation dimension on the marketing capability of SMEs, the entrepreneurial orientation dimension had a positive and significant effect on the performance of SMEs in the city of Padang. marketing capability has a significant effect on the performance of SMEs. And there is a positive and significant influence between the dimensions of entrepreneurial orientation on the performance of SMEs in the city of Padang through marketing capabilities. The managerial implications of this research are discussed later.</em></p> Dewi Lestari Copyright (c) 2025 DEWI LESTARI https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/556 Tue, 25 Feb 2025 00:00:00 +0000 PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MESIN PEMBUAT MINUMAN KOPI https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/383 <p>Pengendalian kualitas merupakan faktor penting dalam keberlangsungan hidup suatu perusahaan. Peningkatan permintaan konsumen terhadap mutu produk yang disertai dengan peningkatan jumlah produk dan jasa, karena daya saing dan daya tahan sebuah usaha tidak lagi ditentukan oleh rendahnya biaya, melainkan melalui peningkatan kualitas sebagai nilai tambah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya cacat pada lini produksi mesin pembuat kopi dan menyusun alternatif solusi perbaikkan pada masing-masing jenis cacat yang terjadi ada produk mesin pembuat kopi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan alat penelitian Diagram <em>Histogram</em>, Diagram <em>Fishbone</em>, Diagram <em>Pareto</em>, dan <em>Diagram Scatter. </em>Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 4 jenis cacat yang paling dominan yaitu cacat <em>short mold, black dot, silver streak, </em>dan <em>flashing</em>. Dengan 4 faktor penyebab cacat yaitu Manusia (<em>Man</em>), Mesin (<em>Machine</em>), Metode (<em>Method</em>), dan <em>Mold. </em>Alternatif solusi perbaikkan yang diberikan adalah (1) <em>Short mold</em>, melakukan servis <em>mold </em>dan memberi lebih banyak ventilasi udara untuk mengurangi risiko terperangkapnya udara; (2) <em>Black dot, </em>membersihkan <em>barrel </em>untuk memastikan tidak ada material sebelumnya yang tertinggal dan membersihkan pengering <em>hopper</em> agar tidak ada kotoran dan debu; (3) <em>Silver streak, </em>melakukan penyetelan yang baik pada pengaturan temperatur untuk mengurangi suhu sesuai kebutuhan; (4) <em>Flashing, </em>membersihkan <em>mold </em>dari material yang tersangkut, dan meminta pihak <em>tooling </em>untuk memperbaiki <em>mold.</em> Setelah dilakukan usaha perbaikan terdapat penurunan persentase cacat yang semula 2,19% di periode Desember 2023 hingga Februari 2024 menjadi 2,03% pada periode Maret 2024 hingga Mei 2024.</p> Lussy Vidya Citra, Adi Nugroho Copyright (c) 2025 Lussy Vidya Citra, Adi Nugroho https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/383 Tue, 25 Feb 2025 00:00:00 +0000 PENERAPAN METODE SWOT DAN QSPM DALAM STRATEGI PEMASARAN BUKET BUNGA TERHADAP GENERASI GEN Z https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/553 <p>Penerapan Analisa SWOT dengan Matriks QSPM. Manfaat Analisa SWOT: Membantu mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman&nbsp; yang dihadapi oleh suatu organisasi atau proyek. Sedangkan Manfaat Matriks QSPM: Membantu mengintegrasikan hasil analisis SWOT dengan strategi yang efektif, Membantu mengidentifikasi strategi yang paling efektif untuk mencapai tujuan dan sasaran, Membantu mengalokasikan sumber daya yang tersedia untuk strategi yang paling efektif, Membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan dan sasaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah penerapan&nbsp; mietoidie SWOiT dalam strategi pemasaran bujet bunga terhadap generasi Gen Z. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif aan kuantitatif&nbsp; yaitu pienielitian kualitatif mieliputi kuesioner yang akan disebarkan oleh peneliti ke responden sedangkan, dan Pienielitian kuantitatif mieliputi meliputi pembobotan dengan memposisikan faktor internal dan eksternal yang akan dijadikan perencanaan strategi dalam meningkatkan pemasaran buket bunga. Hasil penelitian diperoleh 8 strategi berdasarkan hasil analisa SWOT dan matriks QSPM yaitu 1. Melaksanakan promosi melalui medsos, serta membuat bunner, panflek, dan brosur 0,84, 2. Lebih meningkatkan keunggulan terhadap layanan dan produk 0,84, 3. Meningkatkan layanan yang optimal terhadap customer 0,83, 4. Produk yang dihasilkan yang unit dalam merangkai buket bunga yang lebih variatif 0,83, 5. Melakukan secara terus menerus inovasi yang baru dalam produk maupun jasa terhadap buket bunga 0,82, 6. Meningkatkan kepercayaan customer terhadap buket bunga 0,82,&nbsp; 7. Meningkatkan kreatif dan skill tenaga kerja 0,72, dan 8. Meningkatkan event-event serupa untuk mengjangkau segmen pasar 0,70</p> Ahmad Hanafie Hanafie, Andi Haslindah Copyright (c) 2025 Ahmad Hanafie Hanafie, Andi Haslindah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/553 Wed, 26 Feb 2025 00:00:00 +0000 MERAKIT MESIN ENGRAVER SEDERHANA https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/550 <p>Seiring dengan berkembangnya industri kreatif, permintaan akan produk unik seperti souvenir semakin meningkat. Salah satu cara untuk memenuhi permintaan ini adalah melalui teknik ukir atau engraving, yang melibatkan pengukiran garis pada material seperti kayu untuk menghasilkan cetakan. Untuk menciptakan desain yang detail dan presisi tinggi, mesin laser engraver menjadi solusi efektif dalam pembuatan souvenir berkualitas. Dalam pengembangan dan perancangan mesin laser engraver, pendekatan yang digunakan meliputi metode Quality Function Deployment (QFD) dan VDI 2221. Proses desain produk merupakan aspek penting dalam rekayasa dan perancangan, berperan signifikan dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Metode ini tidak hanya membantu menciptakan produk inovatif, tetapi juga memastikan produk memenuhi kriteria dan harapan pengguna. Dengan memanfaatkan mesin laser engraver, diharapkan dapat memberikan keuntungan strategis, terutama dalam optimalisasi proses produksi, peningkatan kualitas produk, dan pengembangan desain yang inovatif.</p> Sangga Bezaleel Sihombing, Gemilang, Hery Copyright (c) 2025 Sangga Bezaleel Sihombing, Gemilang, Hery https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/550 Wed, 26 Feb 2025 00:00:00 +0000 TRANSFORMATION OF HUMAN RESOURCE MANAGEMENT IN THE ERA OF REGIONAL DECENTRALIZATION AND DIGITAL REVOLUTION https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/451 <p>Local governments are shifting their views on human resource management (HRM) due to regional decentralization, which aims to strengthen the relationship between citizens and local governments through discussion forums. This change in perspective has implications for how local governments should integrate HRM into other operational tasks. A systematic review of the literature was conducted to understand change management and HRM in the context of regional decentralization and the impact of the digital revolution on organizations. The study screened 28,452 journals in the Web of Science (WoS) and 18 journals in Scopus, resulting in 306 journals. The study found significant differences between WoS and Scopus databases, with WoS having more journals despite using the same keywords and many discussing topics outside the context of title and keywords. The results conclude that the digital revolution impacts all organizations, both commercial and governmental, and that organizations must survive in the industrial age by laying a solid foundation through effective people management. Change requires embracing new cultures and being curious and creative to function effectively in an open-change environment<em>.</em></p> M. Irvanni Bahri, Ayu Anggraini Tambunan, Zulfikar Copyright (c) 2025 M. Irvanni Bahri, Ayu Anggraini Tambunan, Zulfikar https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/451 Thu, 27 Feb 2025 00:00:00 +0000