STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH (UKM)
DOI:
https://doi.org/10.62375/jmrib.v3i2.534Keywords:
Strategi pemasaran, SWOT, Marketing MixAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan penurunan pendapatan penjualan pada warung makan patimah serta untuk mengetahui bagaimana menyusun strategi yang dapat meningkatkan pendapatan penjualan. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode SWOT dan bauran pemasaran 7p untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman untuk melihat diposisi mana Warung makan Patimah dan menyarankan strategi baru dalam menciptakan inovasi baru untuk dapat bersaing dengan pesaing Warung makan Patimah. Berdasarkan penelitian yang memperoleh faktor internal dan eksternal melalui analisa kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman dengan perhitungan matrik EFE dan IFE, diperoleh hasil posisi berada pada kuadran I, strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif Fokus pada strategi ini adalah menggunakan kekuatan yang dimiliki Warung Ibu Patimah guna memanfaatkan berbagai. Pada bauran pemasaran 7p yang diprioritaskan penarapannya harga dan promosi untuk mempertahankan dan memberikan harga yang kompetitif, promosi potongan harga diplatform serta memanfaatkan pemasaran pada platform digital
Downloads
References
Achmad Rully Amrulloh (2019): Perncanaan Keseimbangan Lintasan Produksi UD.
Milian Furniture.2019.Teknik Industry S-1 Institut Teknologi Nasional Malang
Andriyanto, L., Syamsiar, S., Widowati, I. 2019. Analisis Pengaruh Bauran
Pemasaran (Marketing mix 7-P) terhadap Keputusan Pembelian di Thiwul
Andriyanto, L., Syamsiar, S., & Widowati, I. (2020). Analisis Pengaruh Bauran
Pemasaran (Marketing Mix 7-P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Thiwul Ayu
Mbok Sum. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20(1), 26. https://doi.org/10.31315/jdse.v20i1.3248
Aziz Nur Fajar, Ida Betanursanti(2024)Marketing mix dan SWOT. Jurnal Universitas
Muhammadiyah Gombong.3(1)Jitin.v3iI.135
Craig, Grant. (1996). Pengertian Strategi Menurut Beberapa Ahli. Diambil
dari:http://hariannetral.com/2014/12/pengertian-strategi-menurut-beberapa-ahli.html. (10 Juli 2001)
David, Fred R., R.F. David. (2019). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan
Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.
Fatihudin, D. (2015). Metode Penelitian unuk Ilmu Ekonomi, Manajemen dan
Akuntansi. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
F.M.A.Poluan.,S.L.Mandey.,I.W.J.Ogi (2019)Bauran Pemasaran (Marketing Mix).
Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, https://ejournal.unsrat.ac.id
Heppy,setyo(2023)SWOT dan Blue Ocean strategi(BOS). Jurnal Teknik Ibnu
Sina.8(1), https://doi.org/10.36352/jt-ibsi.v8i01.695
Kasmir. 2004. Bank & Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta : PT Raja Grafindo
Persada
Kotler,Philip.1997, Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu.
Jakarta: Prentice Hall.
Kurniawan, A. W. (2012) ‘Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan
Harga Pokok Penjualan HPP Dengan Metode Average’, Techno.com, 11, pp. 12–17.
Rangkuti, 2018. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan
Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Setiawan,2021. Pengertian Bank Menurut Para Ahli.
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-bank-menurut-para- ahli/. 7 April 2021.
Stanton, Fundamentals ofMarketing, 11th edition. England, Mc.Graw- HilL Inc.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.
Alfabeta.
Tjiptono, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 HERMAN HERMAN, Andi Hepy Susanti ., Hasnawati, M. Ansyar Bora, Zeri Yusdinata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.