STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH (UKM)

Authors

  • Herman Universitas Ibnu Sina
  • Andi Hepy Susanti . Universitas Ibnu Sina
  • Hasnawati Universitas Ibnu Sina
  • M. Ansyar Bora Institut Teknologi Batam

DOI:

https://doi.org/10.62375/jmrib.v3i2.534

Keywords:

Strategi pemasaran, SWOT, Marketing Mix

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan penurunan pendapatan penjualan pada warung makan patimah serta untuk mengetahui bagaimana menyusun strategi yang dapat meningkatkan pendapatan penjualan. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode SWOT dan bauran pemasaran 7p untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman untuk melihat diposisi mana Warung makan Patimah dan menyarankan strategi baru dalam menciptakan inovasi baru untuk dapat bersaing dengan pesaing Warung makan Patimah. Berdasarkan penelitian yang memperoleh faktor internal dan eksternal melalui analisa kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman dengan perhitungan matrik EFE dan IFE, diperoleh hasil posisi berada pada kuadran I, strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif Fokus pada strategi ini adalah menggunakan kekuatan yang dimiliki Warung Ibu Patimah guna memanfaatkan berbagai. Pada bauran pemasaran 7p yang diprioritaskan penarapannya harga dan promosi untuk mempertahankan dan memberikan harga yang kompetitif, promosi potongan harga diplatform serta memanfaatkan pemasaran pada platform digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Rully Amrulloh (2019): Perncanaan Keseimbangan Lintasan Produksi UD.

Milian Furniture.2019.Teknik Industry S-1 Institut Teknologi Nasional Malang

Andriyanto, L., Syamsiar, S., Widowati, I. 2019. Analisis Pengaruh Bauran

Pemasaran (Marketing mix 7-P) terhadap Keputusan Pembelian di Thiwul

Andriyanto, L., Syamsiar, S., & Widowati, I. (2020). Analisis Pengaruh Bauran

Pemasaran (Marketing Mix 7-P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Thiwul Ayu

Mbok Sum. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20(1), 26. https://doi.org/10.31315/jdse.v20i1.3248

Aziz Nur Fajar, Ida Betanursanti(2024)Marketing mix dan SWOT. Jurnal Universitas

Muhammadiyah Gombong.3(1)Jitin.v3iI.135

Craig, Grant. (1996). Pengertian Strategi Menurut Beberapa Ahli. Diambil

dari:http://hariannetral.com/2014/12/pengertian-strategi-menurut-beberapa-ahli.html. (10 Juli 2001)

David, Fred R., R.F. David. (2019). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan

Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.

Fatihudin, D. (2015). Metode Penelitian unuk Ilmu Ekonomi, Manajemen dan

Akuntansi. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

F.M.A.Poluan.,S.L.Mandey.,I.W.J.Ogi (2019)Bauran Pemasaran (Marketing Mix).

Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, https://ejournal.unsrat.ac.id

Heppy,setyo(2023)SWOT dan Blue Ocean strategi(BOS). Jurnal Teknik Ibnu

Sina.8(1), https://doi.org/10.36352/jt-ibsi.v8i01.695

Kasmir. 2004. Bank & Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta : PT Raja Grafindo

Persada

Kotler,Philip.1997, Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu.

Jakarta: Prentice Hall.

Kurniawan, A. W. (2012) ‘Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan

Harga Pokok Penjualan HPP Dengan Metode Average’, Techno.com, 11, pp. 12–17.

Rangkuti, 2018. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan

Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Setiawan,2021. Pengertian Bank Menurut Para Ahli.

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-bank-menurut-para- ahli/. 7 April 2021.

Stanton, Fundamentals ofMarketing, 11th edition. England, Mc.Graw- HilL Inc.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.

Alfabeta.

Tjiptono, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Herman, ., A. H. S., Hasnawati, & M. Ansyar Bora. (2025). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH (UKM) . Jurnal Manajemen Rekayasa Dan Inovasi Bisnis, 3(2), 25–32. https://doi.org/10.62375/jmrib.v3i2.534