Eksperimen Edukasi Gunung Meletus untuk Anak Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pengenalan Awal Reaksi Kimia Sederhana
DOI:
https://doi.org/10.62375/jta.v3i1.630Keywords:
Edukasi, Eksperimen, Reaksi kimiaAbstract
Indonesia merupakan negara rawan bencana geologis, salah satunya letusan gunung berapi, yang menuntut adanya edukasi kebencanaan sejak usia dini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan konsep reaksi kimia sederhana melalui eksperimen simulasi gunung meletus sebagai bagian dari pendidikan sains kontekstual bagi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif-edukatif melalui eksperimen langsung di dua sekolah dasar di Kota Serang, dengan melibatkan 46 siswa dari kelas I dan IV. Eksperimen memanfaatkan bahan aman seperti soda kue, sabun, cuka, dan pewarna makanan yang dirancang dalam bentuk miniatur gunung meletus. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam antusiasme, partisipasi aktif, dan pemahaman konseptual siswa terhadap fenomena alam. Kegiatan ini juga mendorong keterampilan motorik halus, kemampuan observasi, serta komunikasi ilmiah dasar. Implementasi model Project Based Learning (PjBL) melalui eksperimen ini terbukti efektif dalam meningkatkan literasi sains dan membentuk sikap ilmiah siswa. Pengabdian ini memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan ekosistem pembelajaran yang menyenangkan, partisipatif, dan kontekstual untuk pendidikan dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Hanan, Asih Setyo Rini, Arief Darmawan, Agus Hari Mardika, Danu Farid Fadhlurrahman, Fauzan Rizki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.