PEMBINAAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK UKM BERBASIS TEKNOLOGI DAN PEMASARAN DIGITAL

Authors

  • Erlin Elisa Unversitas Putera Batam
  • Tukino Universitas Putera Batam
  • Alfannisa Annurrallah Fajrin Universitas Putera Batam
  • Yvonne Wangdra Universitas Putera Batam

Keywords:

Digital Marketing, E-Commerce, UMKM, Teknologi Informasi.

Abstract

Semakin ketatnya persaingan di pasar global, kebutuhan untuk menguasai dan menggunakan teknologi menjadi semakin mendesak. Selain itu, kurangnya pengetahuan tentang sistem informasi dan komputer juga menjadi hambatan dalam menghadapi persaingan global, terutama melalui platform pemasaran e-commerce yang lebih dikenal dalam usaha dan pasar konvensional. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk membina dan memberdayakan kelompok UKM dengan pendekatan teknologi dan pemasaran digital.Mitra pada kegiatan ini yaitu UKM KUBE Jasmine yang berlokasi di Jl. Raya Kav. Lama, Sungai Lekop, Kec. Sagulung, Kota Batam, dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 25 orang, metode yang akan diterapkan meliputi survei, ceramah, diskusi, dan latihan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pembinaan pemberdayaan kelompok UKM berbasis teknologi dan pemasaran digital untuk UKM KUBE Jasmine memiliki beberapa pencapaian yaitu Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan, Peningkatan Pemanfaatan Teknologi Informasi, Peningkatan Efisiensi dan Akurasi Pencatatan Keuangan, Pengembangan Strategi Pemasaran yang Efektif dan Peningkatan Daya Saing dan Pertumbuhan Usaha. Melalui pembinaan, anggota UKM KUBE Jasmine memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan teknologi informasi dan pemasaran digital, serta memahami pentingnya pencatatan keuangan yang akurat.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Elisa, E., Tukino, Alfannisa Annurrallah Fajrin, & Yvonne Wangdra. (2023). PEMBINAAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK UKM BERBASIS TEKNOLOGI DAN PEMASARAN DIGITAL. Jurnal Tiyasadarma, 1(1), 1–10. Retrieved from https://journal.iteba.ac.id/index.php/tiyasadarma/article/view/121