PEMBINAAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK UKM BERBASIS TEKNOLOGI DAN PEMASARAN DIGITAL
Keywords:
Digital Marketing, E-Commerce, UMKM, Teknologi Informasi.Abstract
Semakin ketatnya persaingan di pasar global, kebutuhan untuk menguasai dan menggunakan teknologi menjadi semakin mendesak. Selain itu, kurangnya pengetahuan tentang sistem informasi dan komputer juga menjadi hambatan dalam menghadapi persaingan global, terutama melalui platform pemasaran e-commerce yang lebih dikenal dalam usaha dan pasar konvensional. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk membina dan memberdayakan kelompok UKM dengan pendekatan teknologi dan pemasaran digital.Mitra pada kegiatan ini yaitu UKM KUBE Jasmine yang berlokasi di Jl. Raya Kav. Lama, Sungai Lekop, Kec. Sagulung, Kota Batam, dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 25 orang, metode yang akan diterapkan meliputi survei, ceramah, diskusi, dan latihan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pembinaan pemberdayaan kelompok UKM berbasis teknologi dan pemasaran digital untuk UKM KUBE Jasmine memiliki beberapa pencapaian yaitu Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan, Peningkatan Pemanfaatan Teknologi Informasi, Peningkatan Efisiensi dan Akurasi Pencatatan Keuangan, Pengembangan Strategi Pemasaran yang Efektif dan Peningkatan Daya Saing dan Pertumbuhan Usaha. Melalui pembinaan, anggota UKM KUBE Jasmine memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan teknologi informasi dan pemasaran digital, serta memahami pentingnya pencatatan keuangan yang akurat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Erlin Elisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.