EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM BLOK

Penulis

  • Phila Angelina Institut Teknologi Batam
  • Rani Gusrita Institut Teknologi Batam
  • Tiama Tinggal Turinah Institut Teknologi Batam
  • Vitri Aprilla Handayani Institut Teknologi Batam

Kata Kunci:

Efektifitas, Sistem Blok, Deskriptif Kuantitatif

Abstrak

Efektifitas pembelajaran merupakan salah satu komponen yang banyak menjadi sorotan. Efektifitas dapat dinyatakan sebagai tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan dan sasarannya. Dengan demikian, pembelajaran dikatakan efektif apabila tujuan dari pembelajaran tersebut tercapai. Pada penelitian ini mengetahui efektifitasan pembelajaran sistem blok yang dimana sebelumnya menggunakan jadwal harian biasa menggunakan metode pengumpulan data berupa angket tertutup yaitu kuisioner google form dengan teknik pengambilan sampel jenuh (analisis deskriptif). Penelitian dilakukan pada kelas X jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah Batam yang dimana baru memasuki jenjang sekolah menengah kejuruan. Hasil yang diperoleh, dari 15 siswa kelas X Akuntansi ada 8 siswa yang belum mengetahui sistem blok namun siswa-siswa tersebut beranggapan penerapan sistem blok di SMK Muhammadiyah Batam sudah berjalan cukup efektif .

Referensi

Kurniawan, E., Suyadi, D., & Karsono, R. (2012). Efektifitas Sistem Pembelajaran Blok Tri Wulan Pada Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Bangunan Smkn 1 Jakarta. Jurnal PenSil, 1(2), 123–131. https://doi.org/10.21009/jpensil.v1i2.9820

Ratu, Y. H. (2016). Efektifitas Penerapan Pembelajaran dengan Sistem Blok Jurusan Teknik Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 79

Diterbitkan

2023-03-30

Cara Mengutip

Angelina, P., Rani Gusrita, Tiama Tinggal Turinah, & Handayani, V. A. (2023). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM BLOK. JURNAL SINTAK, 1(2), 21–28. Diambil dari https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/view/80

Terbitan

Bagian

Articles