EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM BLOK

Authors

  • Phila Angelina Institut Teknologi Batam
  • Rani Gusrita Institut Teknologi Batam
  • Tiama Tinggal Turinah Institut Teknologi Batam
  • Vitri Aprilla Handayani Institut Teknologi Batam

Keywords:

Efektifitas, Sistem Blok, Deskriptif Kuantitatif

Abstract

Efektifitas pembelajaran merupakan salah satu komponen yang banyak menjadi sorotan. Efektifitas dapat dinyatakan sebagai tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan dan sasarannya. Dengan demikian, pembelajaran dikatakan efektif apabila tujuan dari pembelajaran tersebut tercapai. Pada penelitian ini mengetahui efektifitasan pembelajaran sistem blok yang dimana sebelumnya menggunakan jadwal harian biasa menggunakan metode pengumpulan data berupa angket tertutup yaitu kuisioner google form dengan teknik pengambilan sampel jenuh (analisis deskriptif). Penelitian dilakukan pada kelas X jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah Batam yang dimana baru memasuki jenjang sekolah menengah kejuruan. Hasil yang diperoleh, dari 15 siswa kelas X Akuntansi ada 8 siswa yang belum mengetahui sistem blok namun siswa-siswa tersebut beranggapan penerapan sistem blok di SMK Muhammadiyah Batam sudah berjalan cukup efektif .

References

Kurniawan, E., Suyadi, D., & Karsono, R. (2012). Efektifitas Sistem Pembelajaran Blok Tri Wulan Pada Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Bangunan Smkn 1 Jakarta. Jurnal PenSil, 1(2), 123–131. https://doi.org/10.21009/jpensil.v1i2.9820

Ratu, Y. H. (2016). Efektifitas Penerapan Pembelajaran dengan Sistem Blok Jurusan Teknik Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 79

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Angelina, P., Rani Gusrita, Tiama Tinggal Turinah, & Handayani, V. A. (2023). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM BLOK. JURNAL SINTAK, 1(2), 21–28. Retrieved from https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/view/80

Issue

Section

Articles