Perencanaan Persediaan Produk Nugget dengan Metode Material Requierement Planning di PT. XYZ

Authors

  • Ismail UNIVERSITAS POTENSI UTAMA
  • Marwan
  • Friska Heriyanti

DOI:

https://doi.org/10.62375/jmrib.v2i2.242

Keywords:

Persediaan Nugget, Peramalan, MRP

Abstract

Perusahaan dengan manajemen persediaan yang baik akan menghasilkan proses produksi sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Perusahaan mengalami masalah diantaranya persediaan yang berlebih, layanan pelanggan yang buruk, dan utilitas kapasitas tidak mencukupi. Tujuannya yaitu melakukan peramalan perencanaan persediaan produk nugget supaya tidak berlebih dalam persedian. Metode yang digunakan yaitu metode Material Requirement Planning (MRP). Dari hasil perhitungan metode Exponential Smoothing tingkat error yang diketahui metode  exponential smoothing 0.4, terlihat jelas bahwa yang paling kecil tingkat kesalahan kuadrat rata - rata pada peramalan exponential smoothing, dengan perencanaan persediaan produk nugget awal bulan Januari 2024 sebesar 31.465 Pcs Nugget.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrianto, Darmawan dan Riandadari, Dyah. 2017. Perencanaan Persediaan Bahan Baku Produksi dengan Metode Material Requirement Planning (MRP) pada PT. Sejati Jaya. JPTM.

Agustina E, et al. 2021. Perencanaan Produksi dan Pengendalian Pesediaan – Malang: UB Press.

Aprillia S. 2018. Pemilihan Metode Permintaan Dan Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Dengan Metode MRP Di PT. XYZ Jakarta: Institut Sains Dan Teknologi Al-Kamal.

Arief R. 2018. Usulan Perencanaan Produksi Pada Produk Engine Tpe CJ Untuk Mobil Pick Up di PT. XYZ Semarang : Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Dany H. D. Purnama. 2020. Perencanaan Dan Pengendalian Bahan Baku Produksi Kerupuk Dengan Metode MRP Untuk Meminimumkan Biaya Persediaan Bahan Baku Di Ud. Xyz Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional.

Fachrurrozi. 2019. Lot Sizing Material Requirement Planning Pada Produk Tipe Wall Mounting Di Industri Box Panel Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana.

Mochammad D. F, Dyah R. 2019. Penerapan Material Requirements Planning (MRP) Dalam Perencanaan Persediaan Bahan Baku Produk Multi – PLY Conveyor Belt Construction di Surabaya Wira Jatim. Skipsi Universitas Negeri Surabaya.

Patrick S. 2020. Penentuan Metode Peramalan Permintaan Barang Setengah Jadi Di PT. XYZ Jakarta: Teknik Industri Universitas Tarumanegara.

Trio Y. T. Kusuma. 2017. Analisis Material Requiement Planning (MRP) di C-MAXI ALLOYCAST Yogyakarta. Jurnal Fakultas sains dan teknologi UIN.

Wardah, S., & Iskandar, I. 2017. Analisis Peramalan penjualan Produk Keripik Pisang Kemasan Bungkus (Studi Kasus: Home Industry Arwana Food Tembilahan). Jurnal Teknik Industri, UNDIP.

Downloads

Published

2024-02-21

How to Cite

Ismail, Marwan, & Friska Heriyanti. (2024). Perencanaan Persediaan Produk Nugget dengan Metode Material Requierement Planning di PT. XYZ. Jurnal Manajemen Rekayasa Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 51–60. https://doi.org/10.62375/jmrib.v2i2.242