ANALISIS PERBANDINGAN FREKUENSI BELANJA ONLINE DAN OFFLINE PADA GENERASI Z DI BATAM MENGGUNAKAN UJI PAIRED SAMPLE T-TEST

Authors

  • Maria Yosefina Meinadia Sekar Kinanti Aswirawan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
  • Devina Wistiasari
  • Roni Adi
  • M. Irvanni Bahri
  • Muhammad Jufri
  • Dewi Lestari
  • Devina Wistiasari

Keywords:

Perilaku Konsumen , Belanja Daring , Belanja Luring , Gen Z , Batam

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi masyarakat, khususnya di kalangan Generasi Z (Gen Z) yang dikenal adaptif terhadap teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan frekuensi belanja online dan offline pada Gen Z yang berdomisili di Batam, kawasan perdagangan bebas (Free Trade Zone). Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis uji T dua sampel berpasangan (paired sample t-test). Sampel penelitian terdiri dari 22 responden Gen Z yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring mengenai frekuensi belanja online dan offline dalam satu bulan terakhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara frekuensi belanja online dan offline (p-value = 0,031), dengan frekuensi belanja offline yang lebih tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun Gen Z akrab dengan teknologi, preferensi terhadap belanja langsung di toko fisik masih kuat, dipengaruhi oleh faktor kepercayaan, pengalaman sosial, dan budaya lokal. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pelaku bisnis untuk tetap mengoptimalkan strategi pemasaran baik di kanal online maupun offline. Penelitian ini juga merekomendasikan studi lanjutan dengan cakupan sampel dan variabel yang lebih luas.

References

R. Pahlevi, “Penetrasi Internet di Kalangan Remaja Tertinggi di Indonesia,” https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/d100bd73a8e3529/penetrasi-internet-di-kalangan-remaja-tertinggi-di-indonesia.

L. Lindiawatie, D. Shahreza, and L. Wati, “Analisis Perbandingan Penjualan Offline Dan Online Produk Fashion Meccanism Sebagai Cara Menarik Konsumen,” CEMERLANG : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 268–281, Dec. 2023, doi: 10.55606/cemerlang.v4i1.2329.

Katadata, “PERILAKU KONSUMEN E-COMMERCE INDONESIA,” Jun. 2020.

D. Tripathi, “A Comparative Analysis Of Online Versus Offline Shopping: A New Arena,” International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), 2023, [Online]. Available: www.ijcrt.org

Rahmat Ghazali, Dian Rahmayanti Rivai, Nur Ariyandani, Irawati Irawati, and Futri Ayu Wulandari, “Shopee atau Tokopedia? Studi Perbedaan Tingkat Kepuasan Konsumen Belanja Online Pada Generasi Z di Kabupaten Majene,” Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 56–68, Jun. 2025, doi: 10.55606/jaemb.v5i2.6309.

P. Kotler and K. L. Keller, Marketing management.

K. Wang, “Analysis of Online Shopping and Offline Shopping,” Advances in Economics, Management and Political Sciences, vol. 37, no. 1, pp. 8–18, Nov. 2023, doi: 10.54254/2754-1169/37/20231823.

P. Kotler and K. L. Keller, Marketing management-Pearson Education (2016). Pearson, 2016. [Online]. Available: http://www.pearsonmylabandmastering.com

R. BH and S. Poojary, “Offline vs. Online: Omni channel – the future of retail,” International Journal of Research and Analytical Reviews (IJRAR), vol. 6, no. 1, 2019.

A. Widiyanto, Statistika Terapan : Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT Alex Media Komputindo, Jakarta, 2013.

K. Sharma, “Understanding Consumer Buying Behavior in Online Shopping: Exploring Transformative Trends in Digital Marketing Platforms through Innovation and Adoption for Sustainability,” SSRN Electronic Journal, 2024, doi: 10.2139/ssrn.4835997.

R. A. Utamanyu and R. Darmastuti, “BUDAYA BELANJA ONLINE GENERASI Z DAN GENERASI MILENIAL DI JAWA TENGAH (Studi Kasus Produk Kecantikan di Online Shop Beauty by ASAME),” Scriptura, vol. 12, no. 1, pp. 58–71, Aug. 2022, doi: 10.9744/scriptura.12.1.58-71.

Downloads

Published

31-07-2025

How to Cite

Aswirawan, M. Y. M. S. K., Wistiasari, D., Adi, R., Bahri, M. I., Jufri, M., Lestari, D., & Wistiasari, D. (2025). ANALISIS PERBANDINGAN FREKUENSI BELANJA ONLINE DAN OFFLINE PADA GENERASI Z DI BATAM MENGGUNAKAN UJI PAIRED SAMPLE T-TEST. JURNAL SITEBA, 3(1), 9–14. Retrieved from https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsiteba/article/view/667