IMPLEMENTASI ALGORITMA CAESAR CIPHER UNTUK KEAMANAN DATA ANGGOTA PERPUSTAKAAN DI UNIVERSITAS XYZ

Authors

  • Alvendo Wahyu Arinski Dosen Mata Kuliah Keamanan Sistem Informasi, Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Batam
  • Reni Wahdini Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Batam
  • Fadillah Anggraini Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Batam
  • Feby Khairani Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Batam
  • Iswandani .S Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Batam
  • Meyrina Tamaryska Sirait Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Batam

Keywords:

Keamanan data, Enkripsi, Deskripsi, Algoritma Caesar Chipper

Abstract

Perkembangan teknologi kini sudah berkembang begitu pesat dan canggih, menyebabkan permasalahan baru dimana kejahatan sudah beralih menjadi kejahatan digital. Sehingga keamanan data harus lebih ditingkatkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Universitas XYZ memiliki perpustakaan yang dimana data anggota perpustakaan harus dijaga kerahasiaan nya agar tidak jatuh di tangan yang salah. Saat ini data anggota perpustakaan yang ada pada universitas XYZ masih dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan media kertas, hal ini dirasa masih kurang efisien dan efektif bagi para petugas perpustakaan. Sehingga keamanan data yang ada pada perpustakaan saat ini masih memiliki risiko rusak dan hilang yang masih tinggi. Salah satu langkah yang diambil oleh pihak perpustakaan di universitas XYZ untuk melindungi data anggota perpustakaan yaitu dengan menerapkan algoritma Caesar chipper pada saat anggota perpustakaan melakukan login pada saat mengakses website. Tujuan dari diimplementasikan nya algoritma Caesar chipper ini adalah untuk meminimalisir kerusakan atau kehilangan data anggota perpustakaan yang ada di universitas XYZ, selain itu pekerjaan anggota perpustakaan juga lebih efisien dan efektif.

References

Sumarsono, A., & Widodo, B. (2017). Implementasi Algoritma Caesar Cipher dalam Sistem Keamanan Data pada Jaringan Komputer. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 3(2), 77-83.

Prayudi, E., & Fatimah, L. (2020). Penerapan Algoritma Caesar Cipher pada Sistem Keamanan Pesan Teks dalam Komunikasi Online. Jurnal Ilmiah Rekayasa Komputer dan Informatika, 4(2), 58-63.

Angriani, H., & Saharaeni, Y. (2019). Implementasi Algoritma Caesar Cipher pada Keamanan Data Sistem e-voting Pemilihan Ketua Organisasi Kemahasiswaan. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 9(2), 123-126.

Faqih, F. N., Tahir, M., Ashfarina, Z., Faa'izzani, R. I., Alfarisi, S., & Erfani, F. (2023). Efektivitas Peningkatan Keamanan Login Pada Website Menggunakan Enkripsi Caesar Chipper. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(02), 354-362.

Vebby, V., & Van FC, L. L. (2023). PENERAPAN ALGORITMA CAESAR CIPHER DALAM METODE KRIPTOGRAFI KLASIK PADA PANIC BUTTON. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 126-136.

Yusup, I. M., Carudin, C., & Purnamasari, I. (2020). Implementasi Algoritma Caesar Cipher Dan Steganografi Least Significant Bit Untuk File Dokumen. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 6(3).

Downloads

Published

01-08-2023

How to Cite

Arinski, A. W., Wahdini, R., Anggraini, F., Khairani, F., .S, I., & Sirait, M. T. (2023). IMPLEMENTASI ALGORITMA CAESAR CIPHER UNTUK KEAMANAN DATA ANGGOTA PERPUSTAKAAN DI UNIVERSITAS XYZ. JURNAL SITEBA, 2(1), 34–41. Retrieved from https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsiteba/article/view/136