KEAMANAN KRIPTOSISTEM MODERN BERDASARKAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI KUNCI PUBLIK

Authors

  • Vineza Pongsitammu Institut Teknologi Batam
  • Adlina Renta Yani Simatupang
  • Dinda Annura
  • Yurna Sari Dachi
  • Dhanank Rollando Harries

Keywords:

cryptography, cryptosystem, system security

Abstract

Kriptografi adalah ilmu dan seni melindungi informasi dari akses yang tidak sah dengan mengamankan pesan melalui teknik enkripsi. Kriptosistem modern menggunakan algoritma kriptografi kunci publik yang berbasis pada masalah matematis yang sulit dipecahkan secara efisien oleh komputasi klasik. Dalam penelitian ini, kami melakukan analisis keamanan terhadap kriptosistem modern yang menggunakan algoritma kriptografi kunci publik, seperti RSA, ElGamal, dan Kurva Eliptik. Kami mengevaluasi kekuatan keamanan algoritma ini dengan menguji ketahanan mereka terhadap serangan kriptoanalisis yang umum, termasuk serangan brute force, serangan faktorisasi, dan serangan Pohlig-Hellman. Kami juga melakukan pemodelan keamanan dengan menggunakan komputer kuantum untuk mengidentifikasi potensi kerentanan terhadap serangan dengan menggunakan komputasi kuantum. Hasil analisis kami menunjukkan bahwa algoritma kriptografi kunci publik yang digunakan dalam kriptosistem modern tetap kuat terhadap serangan saat ini, namun demikian, perlindungan terhadap serangan dengan komputasi kuantum perlu diperhatikan dalam pengembangan masa depan kriptosistem yang lebih aman.

References

Fresly Nandar Pabokory., Indah Fitri Astuti., & Awang Harsa Kridalaksana. (2015). Implementasi Kriptografi Pengamanan Data pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard. Jurnal Informatika Mulawarman, Vol 10, 1, 20.

M. Miftakul Amin. (2016). Implementasi Kriptografi Klasik Pada Komunikasi Berbasis Teks. Jurnal Pseudocode, Vol 3, 2, 2355-5920.

Ika Febriana., & Ganjar Aji S. (2017). Penerapan Teknik Kriptografi Pada Keamanan Smsandroid. Jurnal of Education and Information Communication Technology, Vol 1, 1, 29-36.

Muhammad Dedi Irawan. (2017). Impelemtasi Kriptografi Vingenere Cipher PHP. Jurnal Teknologi Informasi, Vol 1, 1, 2580-7927.

Oskah Dakhi., Mardhiah Masril., Rina Novalinda., Jufrinaldi., & Ambiyar. (2020). Analisis Sistem Kriptografi dalam Mengamankan Data Pesan Dengan Metode One Time Pad Chiper. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, Vol 20, 1, 1411-3411.

Downloads

Published

01-08-2023

How to Cite

Pongsitammu, V., Simatupang, A. R. Y., Annura, D., Dachi, Y. S., & Harries, D. R. (2023). KEAMANAN KRIPTOSISTEM MODERN BERDASARKAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI KUNCI PUBLIK . JURNAL SITEBA, 2(1). Retrieved from https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsiteba/article/view/122