Persepsi Masyarakat Kota Batam Terhadap Transformasi Digital Payment
Keywords:
Transformasi, Cash Payment, E-Wallet, Deskriptif KualntitatifAbstract
Kemajuan teknologi ini merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap teknologi informasi tidak hanya mempengaruhi sebuah sistem informasi, akan tetapi berpengaruh juga pada kehidupan sehari-hari, baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan budaya. Internet sekarang telah menjadi media transaksi masyarakat Indonesia untuk bertransaksi dalam penjualan maupun pembelian secara online. Sistem pembayaran terus berevolusi mengikuti evolusi uang dengan 3 unsur penggerak yaitu inovasi teknologi & model bisnis, tradisi masyarakat, dan kebijakan otoritas. Pada penelitian ini mengukur persepsi Masyarakat terhadap Transformasi Cash Payment ke Digital Payment pada masyarakat Kota Batam yang dilakukan dengan metode pengumpulan data angket tertutup menggunakan google form, dengan analisis deskriptif kuliatif. Hasil yang diperoleh, sebagian besar responden merupakan pengguna e-wallet yang tergolong sering dalam frekuensi penggunaannya, namun ada beberapa responden yang dalam frekuensi penggunaannya masih dalam taraf biasa saja (tidak terlalu sering). Tingkat kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaan e-wallet cukup tinggi. Artinya e-wallet sudah bisa diterima dikalangan masyarakat sebagai alat pembayaran yang mudah dan nyaman digunakan dibanding pembayaran tunai, serta mampu meminimalisir kesalahan dalam melakukan transaksi pembayaran.
References
Houston, D. D. (2019). Adopsi Penerimaan Digital Payment Pada Kalangan Milenial. Medium, 58–58
Indonesia, B. (2019). Navigating the National Payment Systems in the Digital Era”. Indonesia Payment Systems Blueprint.
Indonesia, B. (2020). Sistem Pembayaran di Indonesia.
Parmalee, P. I. (2004). Industry outlook. Aviation Week and Space Technology (New York), 160(7), 11.
Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Macdhy, R. D. N., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Digital Payment terhadap Perilaku Konsumen Pengguna Platform Digital Payment OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 107–126.
Saputra, I. P. (2019). Analisis Efektivitas Penggunaan Digital Payment pada Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vitri Aprilla Handayani, Huiliana Tarsila, Endang Hidayati, Rahayu Saputri, Jossa Parero
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.