Persepsi Masyarakat Kota Batam Terhadap Transformasi Digital Payment

Authors

  • Vitri Aprilla Handayani Institut Teknologi Batam
  • Huiliana Tarsila Institut Teknologi Batam
  • Endang Hidayati Institut Teknologi Batam
  • Rahayu Saputri Institut Teknologi Batam
  • Jossa Parero Institut Teknologi Batam

Keywords:

Transformasi, Cash Payment, E-Wallet, Deskriptif Kualntitatif

Abstract

Kemajuan teknologi ini merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap teknologi informasi tidak hanya mempengaruhi sebuah sistem informasi, akan tetapi berpengaruh juga pada kehidupan sehari-hari, baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan budaya. Internet sekarang telah menjadi media transaksi masyarakat Indonesia untuk bertransaksi dalam penjualan maupun pembelian secara online. Sistem pembayaran terus berevolusi mengikuti evolusi uang dengan 3 unsur penggerak yaitu inovasi teknologi & model bisnis, tradisi masyarakat, dan kebijakan otoritas. Pada penelitian ini mengukur persepsi Masyarakat terhadap Transformasi Cash Payment ke Digital Payment pada masyarakat Kota Batam yang dilakukan dengan metode pengumpulan data angket tertutup menggunakan google form, dengan analisis deskriptif kuliatif. Hasil yang diperoleh, sebagian besar responden merupakan pengguna e-wallet yang tergolong sering dalam frekuensi   penggunaannya, namun ada beberapa responden yang dalam frekuensi penggunaannya masih dalam taraf biasa saja (tidak terlalu sering). Tingkat kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaan e-wallet cukup tinggi. Artinya  e-wallet sudah bisa diterima dikalangan masyarakat sebagai alat pembayaran yang mudah dan nyaman digunakan dibanding pembayaran tunai, serta mampu meminimalisir kesalahan dalam melakukan transaksi pembayaran.

References

Houston, D. D. (2019). Adopsi Penerimaan Digital Payment Pada Kalangan Milenial. Medium, 58–58

Indonesia, B. (2019). Navigating the National Payment Systems in the Digital Era”. Indonesia Payment Systems Blueprint.

Indonesia, B. (2020). Sistem Pembayaran di Indonesia.

Parmalee, P. I. (2004). Industry outlook. Aviation Week and Space Technology (New York), 160(7), 11.

Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Macdhy, R. D. N., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Digital Payment terhadap Perilaku Konsumen Pengguna Platform Digital Payment OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 107–126.

Saputra, I. P. (2019). Analisis Efektivitas Penggunaan Digital Payment pada Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442

Downloads

Published

31-01-2023

How to Cite

Handayani, V. A., Huiliana Tarsila, Endang Hidayati, Rahayu Saputri, & Jossa Parero. (2023). Persepsi Masyarakat Kota Batam Terhadap Transformasi Digital Payment. JURNAL SITEBA, 1(2). Retrieved from https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsiteba/article/view/61