ANALISA PENGEMBANGAN BISNIS UNTUK USAHA KUE LAPIS LEGIT NYONYA MELATI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN BUSINESS MODEL CANVAS

BUSINESS DEVELOPMENT ANALYSIS FOR NYONYA MELATI'S LAPIS LEGIT CAKE BUSINESS USING THE SWOT METHOD AND CANVAS BUSINESS MODEL

Authors

  • Meylia Vivi Putri Universitas Ibnu Sina
  • Reza Kurniawan Universitas Ibnu Sina

Keywords:

Beverage Business; Financial Aspect; Feasibility Study

Abstract

Industri di bidang makanan dan minuman adalah salah satu bentuk industri yang potensial. DiIndonesia sendiri, industri makanan dan minuman saat ini sedang menunjukan partumbuhan dan peningkatan yang signifikan. Dengan bertambahnya jumlah unit usaha pada sektor ini menyebabkan tingkat persaingan yang ada menjadi lebih ketat. . Ketatnya persaingan menuntut para pembisnis memberikan pelayanan dan kualitas yang memuaskan bagi pelanggannya. Untuk menghadapi persaingan ini, perusahaan senantiasa dituntut untuk menjalankan aktivitas bisnis dengan baik serta memperhatikan model bisnis yang dijalankanya. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menentukan strategi dalam mengembangkan usaha pada Toko Kue Lapis Legit Nyonya Melati melalui metode SWOT analisis dan mengembangkan usaha Toko Kue Lapis Nyonya Melati dengan metode Business Model Canvas.   Berdasarkan hasil analisis pada penelitian Penerapan Metode SWOT Dan Perancangan model bisnis ( Business Model Canvas ) yang dilakukan bahwa analisis faktor internal dan faktor eksternal, matriks IFAS dan matriks EFAS perusahaan memiliki skor total sebesar 0,22 sementara matriks IFAS memiliki skor total sebesar 1,36. Dari hasil analisa ini, maka posisi perusahaan berada dalam kuadran I. Strategi yang harus diterapkan pada posisi ini adalah strategi yang agresif. Strategi agresif adalah strategi yang memanfaatkan seluruh kekuatan (strength) untuk merebut dan memanfaatkan peluang (opportunity) sebesar-besarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. Yuliaty, C. S. Shafira, and M. R. Akbar, “Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global,” Mbia, vol. 19, no. 3, pp. 293–308, 2020.

D. Rusdiana, Y. Ali, S. Thamrin, and R. Widodo, “Strategi Pembangunan Industri Pertahanan Pada Negara Kepulauan Guna Mendukung Pertahanan Negara,” Acad. Praja J. Ilmu Polit. Pemerintahan, dan Adm. Publik, vol. 4, no. 2, pp. 427–440, 2021.

T. K. ROBINSON, B. KIYAI, and R. MAMBO, “Strategi Pemerintah Dalam Meningkatkan Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara,” J. Adm. Publik, vol. 5, no. 84, 2019.

E. Elvitriadi, “STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS PT. MITRA KERINCI,” J. Mirai Manag., vol. 5, no. 3, pp. 171–201, 2020.

Z. A. R. ELVITRIADI, “STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS PT. MITRA KERINCI (AGRIBUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY OF PT. MITRA KERINCI).” Universitas Andalas, 2020.

N. Mubarok, “Strategi pemasaran islami dalam meningkatkan penjualan pada Butik Calista,” I-ECONOMICS A Res. J. Islam. Econ., vol. 3, no. 1, pp. 73–92, 2017.

A. Kurnia, A. Shaura, S. T. Raharjo, and R. Resnawaty, “Sustainable Development Dan Csr,” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 3, pp. 231–237, 2020.

L. Yuliawati, “Analisis Struktur, Perilaku, Dan Kinerja Industri Makanan Dan Minuman Di Indonesia,” J. Ecodemica J. Ekon. Manaj. dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 266–273, 2017.

BPS Kab Blitar, “Kabupaten Blitar Dalam Angka 2015,” Badan Pusat Statistika. p. 153, 2015.

M. Mashuri and D. Nurjannah, “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing,” JPS (Jurnal Perbank. Syariah), vol. 1, no. 1, pp. 97–112, 2020, doi: 10.46367/jps.v1i1.205.

D. R. Susanto and A. Kiswantoro, “Strategi Pengembangan Hutan Pinus Grenden Berbasis Ekowisata di Magelang,” J. Ilm. Pariwisata, vol. 24, no. 3, pp. 177–183, 2019.

K. Miharja, “Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Bisnis Susu Murni Q-Milk,” J. Ecodemica J. Ekon. Manajemen, dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 30–38, 2018, doi: 10.31311/jeco.v2i1.2252.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Putri, M. V., & Kurniawan, R. (2023). ANALISA PENGEMBANGAN BISNIS UNTUK USAHA KUE LAPIS LEGIT NYONYA MELATI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN BUSINESS MODEL CANVAS: BUSINESS DEVELOPMENT ANALYSIS FOR NYONYA MELATI’S LAPIS LEGIT CAKE BUSINESS USING THE SWOT METHOD AND CANVAS BUSINESS MODEL. Jurnal Manajemen Rekayasa Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 60–71. Retrieved from http://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/68

Issue

Section

FEBRUARI 2023