ANALISIS KORELASI PEARSON DALAM MENENTUKAN HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING
Kata Kunci:
Motivasi Belajar, Kemandirian BelajarAbstrak
Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh buruk terhadap berbagai bidang kehidupan sosial. Salah satunya ialah bidang pendidikan. Hal ini menyebabkan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka harus dialihkan menjadi pembelajaran daring. Masalah ini dapat mempengaruhi motivasi dan kemandirian belajar mahasiswa khususnya dalam pembelajaran Matematika. Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar dengan kemadirian belajar mahasiswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Uji Korelasi Pearson. Hasil pada penelitian ini menjelaskan bahwa kemandirian belajar mahasiswa memiliki hubungan yang sedang dengan motivasi belajar mahasiswa dan bentuk hubungan antara kedua variabel ini adalah positif yang berarti semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa maka semakin tinggi pula kemandirian belajar mahasiswa pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19.
Kata Kunci:
Motivasi Belajar; Kemandirian Belajar
Referensi
Analisis. 6 (4)
Fauziah, S., & Habibah, S. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Study Di Kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1)
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile Computing Devices In Higher Education: Student Perspectives On Learning With Cellphones, Smartphones & Social Media. Internet And Higher Education. Vol. 19 Pages 18-26
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH ) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3)
Ivanova, T dkk. (2020). Educational Technology As One Of The Terms For Enhancing Public Speaking Skills. Universidad Y Sociedad, 12(2)
Jamaluddin, D dkk. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi, dan Proyeksi. Bandung: LPPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Jatmiko. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2)
Karmawan dkk. (2012). Peranan Keluarga dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSS-2012
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal FIBONACCI, 2(2)
Rahayu, I.F., & Aini, I. N. (2021) Analisis Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4)
Sanjaya, B.P. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2).
Sekaran, Uma dan Bougie, R., 2010, Research Methods for Business: A SkillBuilding Approach, John Wiley and sons, inc. : London.
Siregar, Syofian. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Su & Cheng (2015). A Mobile Gamification Learning System For Improving The Learning Motivation And Achievements. Journal Of Computer Assisted Learning, 31 (3)
Sugianto, I dkk. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3)
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sd Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika Stkip Garut, 5(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Faradiba Jabnabillah, Nur Margina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.