The Application of The Problem Based Learning Model on Measurement Materials in Grade 3 of Elementary School
DOI:
https://doi.org/10.62375/jsintak.v2i2.222Kata Kunci:
Matematika, Based Learning, PengukuranAbstrak
Kemampuan seorang guru dalam memberikan proses pembelajaran yang kurang tepat dan kemudian berdampak pada kurangnya minat belajar matematika siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran Matematika. Pada penelitian ini peneliti berupaya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah terutama pada pembelajaran matematika terutama pada materi pengukuran. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu pada siswa kelas III SD Cikeruh 1. Lalu pada Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu dengan wawancara, Observasi, dan Sumber literatur yang brelevan dengan yang dibahas peneliti. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pengukur di SD Cikeruh 1, hampir semua siswa antusias dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan kondisi kelas yang ramai dengan pertanyaan dan pendapat yang disampaikan oleh siswa. Selain itu, dari hasil pemecahan masalah hampir semua kelompok menjawab dengan tepat dan benar. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat mempermudah dan mempercepat siswa dalam memecahkan masalah sekaligus memahami materi pembelajaran yang diajarkan.
Referensi
I. A. Maisa S, Ant., Model-model Pembelajatan, vol. 23, no. 2. 2017.
S. Afsari, I. Safitri, S. K. Harahap, and L. S. Munthe, “Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika,” Indones. J. Intellect. Publ., vol. 1, no. 3, pp. 189–197, 2021, doi: 10.51577/ijipublication.v1i3.117.
A. Setyawan, A. Sholihah, S. M. Rita, N. Alfiya, and R. A. Nurfajri, “Peran Guru dalam Pembelajaran SD Pangpong,” Pros. Nas. Pendidik. Lppm Ikip Pgri Bojonegoro, vol. 1, no. 1, pp. 570–571, 2020.
A. M. Rosyad and D. Zuchdi, “Aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP,” Harmon. Sos. J. Pendidik. IPS, vol. 5, no. 1, pp. 79–92, 2018, doi: 10.21831/hsjpi.v5i1.14925.
M. Fajri, “Kemampuan Berpikir Matematis Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar,” J. LEMMA, vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2017, doi: 10.22202/jl.2017.v3i1.1884.
N. A. Wayan and N. K. Rini Purwati, “Edukasi Matematika dan Sains Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Mathematics Learning Strategies Based on Characteristics of Elementary School Students,” J. Emasains, vol. IX, no. 1, pp. 1–8, 2020.
E. T. Pratiwi and E. W. Setyaningtyas, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning,” J. Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 379–388, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.362.
L. Rajagukguk, E. Widyastuty, and Y. Pakpahan, “Analisis Pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Asset Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015,” J. Akunt., vol. 17, no. 1, pp. 1–14, 2017.
F. Silvi, R. Witarsa, and R. Ananda, “Kajian Literatur tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 3, pp. 3360–3368, 2020, [Online]. Available: https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/851%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/view/851.
et. al Handayani, KOMPREHENSIF DAN APLIKATIF METODE STATISTIK, no. September. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023.
R. Tyas, “Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika,” Tecnoscienza, vol. 2, no. 1, pp. 43–52, 2017.
R. P. Sari, Z. Zuardi, R. Reinita, and A. Zikri, “PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR,” J. Basicedu, vol. 4, no. 1, pp. 221–227, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i1.324.
T. P. Dinata and R. Reinita, “Pendekatan Value Clarification Technique Sebagai Upaya Penanaman Nilai Karakter dan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu di SD,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1189–1202, 2020, [Online]. Available: https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/584.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ina Ulfa, Riska rahmat kanigara
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.