PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN KAMPUS, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ITEBA

Penulis

  • Widya Reza Widya ITEBA
  • Sanipar Institut Teknologi Batam
  • Urianto Sihombing Institut Teknologi Batam
  • Welsi Bura Saleppang Institut Teknologi Batam
  • Diana Sari Harahap Institut Teknologi Batam

Kata Kunci:

Motivasi Belajar; Lingkungan Keluarga; Lingkungan Kampus; Lingkungan Sosial

Abstrak

Salah satu faktor penentu keberhasilan mahasiswa dalam pendidikan adalah motivasi belajar. Setiap mahasiswa memiliki tingkat motivasi belajar yang berbeda-beda dikarenakan mereka memiliki lingkungan belajar yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan kampus dan lingkungan sosial terhadap motivasi belajar mahasiswa, khususnya mahasiswa ITEBA. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dan teknik penarikan sampel yaitu quota sampling kemudian di uji dengan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa lingkungan keluarga, lingkungan kampus, dan lingkungan sosial secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar. Tetapi lingkungan keluarga secara parsial tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar.

Referensi

Mushtaq, I., & Khan, S.N. (2012). Factors Affect ing Students’ Academic Performance. Global Journal of Management and Business Research, 12(9).

Syah, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Relawan Jurnal Indonesia. Bandung: PT Remaja Ros dakarya.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Prasetyo, B. & Jannah, L.M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi Dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka

Sufani, H., Subrata, D.M., & Sudhita , I.W. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas VII DIMTS. Al-Amin Tabanan. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 2(1).

Mary, H. (2015). International Journal of Science Education. International Journal of Science Education, 20(6).

Higgins, S., dkk. (2014). The Impact of SchoolEnvironments: A literature review. International Seminar Series. available at https://www.researchgate.net/publication/232607630_The_Impact_of_School_Environments_A_Literature_Review?enrichId=rgreq-731cf72429d64c8906c98ddba1357423-XXX&enrichSource=Y292ZXJQYWdlOzIzMjYwNzYzMDtBUzoxMDEyMDc4ODAyNDExNjFAMTQwMTE0MTI0ODAwOQ%3D%3D&el=1_x_2&_esc=publicationCoverPdf.

Naibaho, H. (2015). Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Manajemen Pemasaran. 5(1).

Armiati, B. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Sman Takalar Kabupaten Takalar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 5(3).

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Widya, W. R., Sanipar, Urianto Sihombing, Welsi Bura Saleppang, & Diana Sari Harahap. (2022). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN KAMPUS, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ITEBA. JURNAL SINTAK, 1(1), 8–13. Diambil dari https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/view/22

Terbitan

Bagian

SEPTEMBER 2022

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama