ANALISIS DESAIN UI/UX PADA MUSEUM METAVERSE “MUMAIN” DALAM PELESTARIAN BUDAYA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.62375/jdkv.v3i2.467Keywords:
museum metaverse, desain, UI/UX, pelestarian, budayaAbstract
Indonesia memiliki lebih dari 1.700 warisan budaya yang perlu dilestarikan, namun survei menunjukkan hanya sekitar 50% generasi muda merasa bangga dengan budayanya. Fenomena ini menjadi tanda perlunya pendekatan inovatif dalam pelestarian budaya, salah satunya melalui museum metaverse seperti MUMAIN. Museum ini menawarkan pengalaman virtual yang imersif dan memungkinkan akses lintas batas geografis tanpa hambatan fisik. Penelitian ini menggunakan metode usability testing dengan pendekatan evaluasi heuristik, observasi, dan wawancara mendalam untuk menganalisis efektivitas desain UI/UX MUMAIN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MUMAIN berhasil menyediakan antarmuka yang intuitif dan menarik, sehingga mendekati pengalaman museum fisik. Selain itu, platform ini terbukti mampu meningkatkan keterlibatan pengguna, terutama generasi muda yang akrab dengan teknologi digital. Namun, kendala berupa keterbatasan teknologi ditemukan pada perangkat dengan spesifikasi rendah, yang menghambat jangkauan pengguna secara maksimal. Kesimpulannya, museum metaverse seperti MUMAIN memiliki potensi besar untuk melestarikan budaya Indonesia secara digital, meskipun diperlukan pengembangan lebih lanjut pada aksesibilitas, fleksibilitas navigasi, dan kualitas pengalaman pengguna.
References
Aziz, O., Farooq, M. S., khelifi, A., & Shoaib, M. (2024). Archaeometa: leveraging blockchain for secure and scalable virtual museums in the metaverse. Heritage Science, 12(1). https://doi.org/10.1186/s40494-024-01416-w
Dwikayani, N. K. L., Aisyawari, N. L. M. D., & Jayanthi, M. A. D. (2024). Museum Virtual Metaverse: Inovasi Museum Berbentuk Metaverse Sebagai Media Penguatan Kebudayaan Lokal Guna Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Generasi Muda Menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar, 4.
Fauzan, M., & Priowijanto, E. (2023). Metaverse dalam Pembuatan dan Penggunaannya: Kegiatan Metaverse di Bidang Bisnis Online dan Pengaturannya di Indonesia. COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 48–54. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i1.739
Hidayat, M., Suharso, W., & Setio Wiyono, B. (2024). Analisis Usability Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Pada Aplikasi Mobile Bahasa Isyarat Tuna Rungu Wicara (Studi Kasus: Aplikasi AKRAB). REPOSITOR, 6(3), 219–226. https://doi.org/10.22219/repositor.v6i3.32473
Irawan, H., Sentosa, Y., & Hidayat, A. (2022). Museum Gedung Pegadaian Sukabumi Sebagai Sarana Wisata Edukasi Sejarah (Vol. 9, Nomor 2). https://doi.org/10.25157/ja.v9i2.8381
Kemendikbud. (2023). STATISTIK KEBUDAYAAN 2023.
Kurniawan, A. Y., Sany, E., & Megawaty, M. (2024). Penerapan Ui/Ux Pada E-Commerce Batik Jambi Duo Serangkai Berbasis Web (Studi Kasus Gerai Batik Jambi Duo Serangkai). Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, 4(1), 114–125. https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v4i1.1313
Lee, J., Bae, J., & Bae, Y. (2024). Implementation of a Gamification-Based Metaverse Exhibition: A Case Study of the Farewell Museum. Sustainability (Switzerland), 16(14). https://doi.org/10.3390/su16146212
Mystakidis, S. (2022). Metaverse. Encyclopedia, 2(1), 486–497. https://doi.org/10.3390/encyclopedia2010031
Noviana, E., Plank, U., & Wand, E. (2024). Museum Maya Indonesia: An immersive museum prototype for cultural education. SHS Web of Conferences, 189, 01021. https://doi.org/10.1051/shsconf/202418901021
Sekeon D, Sambul A, & Paturusi S. (2023). Analysis and Design of User Interface to Improve User Experience Using User Centered Design Method on the Inspire Portal of Sam Ratulangi University. https://doi.org/10.35793/jti.v18i1.48831
Stephens, M., Mathana, Morrow, M. J., McBride, K., Mangina, E., Havens, J. C., Vashishtha, H., & Al Hajeri, S. (2024). The Emerging “Metaverse” and Its Implications for International Business. AIB Insights, 24(2). https://doi.org/10.46697/001c.118572
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Razka Mahardika, Eka Noviana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.