PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DI PT. KHATULISTIWA MEDIA UTAMA SAKTI

Authors

  • Bagus Andhika Tuah Aprilyana Malaka Institut Teknologi Batam
  • Alvendo Wahyu Aranski Institut Teknologi Batam

Keywords:

Sistem Informasi, Penggajian, Satpam, Perancangan Desktop

Abstract

PT. Khatulistiwa Media Utama Sakti adalah salah satu perusahaan outsourcing jasa keamanan yang berada di Ruko Greenland Blok L No.12A, Teluk Kering, Batam Kota, Kepulauan Riau . Guna membantu dalam aktivitas pengolahan data penggajian karyawan, PT. Khatulistiwa Media Utama Sakti menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Kelemahan dari sistem yang belum sepenuhnya terkomputerisasi adalah berkurangnya efisiensi pegawai dalam bekerja, seringkali menyebabkan terjadinya kesalahan perhitungan gaji karyawan dan juga kurangnya keamanan data perusahaan dikarenakan tidak adanya fitur keamanan pada aplikasi Microsoft Excel Perancangan sistem informasi penggajian merupakan solusi terbaik guna memecahkan permasalahan yang ada pada perusahaan ini, dalam metode penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode Waterfall sebagai pola pengembangan sistem. Sedangkan pembuatan perangkat lunak dalam penelitian ini, berbasis Desktop mengunakan bahasa pemograman nya Visual Basic dan rancangan database mengunakan MySQL. Hasil penelitian ini adalah Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Penggajian pada PT. Khatulistiwa Media Utama Sakti yang memberikan memudahkan dalam penghitungan gaji, pembuatan slip gaji dan tingkat keamanan data yang jaga.

References

Leon, Oleh :., and Andretti Abdillah. n.d. PERANCANGAN BASISDATA SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN (Studi Kasus Pada Universitas ’XYZ’).

Rahmawati, Mari, and Yuma Yaumaidzinnaimah. n.d. “Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Java Desktop.” 6(1):2021.

Sastra, Ricki, Numan Musyaffa, dan Bayu Supriadi, Fakultas Tenologi Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika Jl Kamal Raya No, Jakarta Barat, Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri Jl Damai No, Warung Jati, and Jakarta Selatan. n.d. Sastra, Musyaffa, Dan Supriadi-Perancangan Sistem Informasi Penggajian Menggunakan Model Waterfall Pada PT.Medina PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL PADA PT. MEDINA.

Tri, Nurul, Sukma Aji, Devi Yunita, and Dan Khoirunnisya. n.d. “Perancangan Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Dekstop Pada Clean 7 Car Wash & Auto Detailing.” 2(3):2775–4057.

Try Hadianto, Rezki, and Asih Septiarini. n.d. “Perancangan Aplikasi Penggajian Berbasis Java Se 16 Pada PT Dhera Perkasa Abadi.” Jurnal Sains DanTeknologi Widyaloka 1(1):158–69. doi: 10.54593/jstekwid.v1i1.61.

Umar Hamdani, Agus. n.d. PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS : SMP MUHAMMADIYAH 26 JAKARTA.

Downloads

Published

31-01-2023

How to Cite

Bagus Andhika Tuah Aprilyana Malaka, & Aranski, A. W. (2023). PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DI PT. KHATULISTIWA MEDIA UTAMA SAKTI. JURNAL SITEBA, 1(2). Retrieved from http://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsiteba/article/view/60