Perancangan Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Karyawan Pada Bagian Produksi di PT. X

Authors

  • Yudi Daeng Polewangi Universitas Medan Area
  • Sirmas Munte Universitas Medan Area
  • Mahendra Nainggolan Universitas Medan Area

Keywords:

balanced scorecard, employee performance design, production

Abstract

Balanced Scorecard adalah salah satu alat ukur kinerja yang dapat digunakan untuk melaksanakan pengukuran kinerja dalam sebuah organisasi perusahaan. PT. X merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang proses produksi pembuatan periuk. Perusahaan ini memiliki 30 karyawan pada bagian produksi dan 16 konsumen yang ikut berpartisipasi dalam pengisian kuesioner ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perancangan Balanced Scorecard terhadap kinerja karyawan bagian produksi. Hasil dari penelitian tentang Balanced Scorecard bahwa dilihat dari rasio keuangan yang digunakan, menunjukkan secara umum juga terjadi peningkatan. Pada perspektif pelanggan, konsumen merasa cukup puas dengan pelayanan selama ini dalam hal atribut kepuasan pelanggan, minat perubahan inovasi dan citra perusahaan. Secara keseluruhan kinerja PT. X dari perspektif proses internal bisnis pada sisi inovasi adalah sangat buruk dengan tidak ada inovasi produk yang dilakukan mulai 2000-sekarang. Sedangkan dari sisi proses operasi, perusahaan telah menerapkan efesiensi waktu proses dengan baik. Dari perspektif pelatihan dan Pengembangan berdasarkan hasil wawancara dengan pimpinan perusahaan bahwa perusahaan belum pernah sama sekali melakukan pelatihan dan pengembangan terhadap karyawan. Dilihat dari indikator kepuasan kerja pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menghasilkan rata-rata keseluruhan jawaban karyawan berada pada angka 3,71, ini artinya bahwa karyawan PT. X merasa cukup puas selama bekerja pada PT. X.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Wedhasmara, 2010. Pengaruh Penerapan Balanced Scorecard Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BANK BRI (Persero) TBK. Kantor Cabang Jalan Sutomo Medan Dengan Iklim Kerja Sebagai Variabel Intervening.

Ardiyanti, Rini, Ekha, 2010. Pengukuran Kinerja Dengan Balanced Scorecard. Yogyakarta: Universitas Santa Dharma.

Dany Ayu Amanda, 2016. Analisis Faktor Pengusaha Kuliner Menggunakan Jasa Iklan Instagram “Jakul Semarang” Sebagai Endorser. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Sesaria Monica, 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja, Pengembangan Karir dan K3 (Keselamatan dan Kesehatan) Terhadap Kepuasan Kerja Pada PT. Dynaplast Cibitung (DP04). Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Sirmas Munte, 1997. Penempatan Pegawai Melalui Analisis Jabatan Dengan Menggunakan The Point Rating Method Pada PDAM Tirtanadi Medan. Medan: Universitas Medan Area.

S, Hanuma, 2011. Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Pagesti, Risdha, 2017. Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Iklim Organisasi dan Penempatan Pegawai Terhahap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara. Purwokerto: UMP.

Yudi Daeng Polewangi, 2021. Pengantar Teknik Industri. Medan: UMA Press

Yudi Daeng Polewangi, 2021. Performance Measurement System Design with Balanced Scorecard Method at PT. Z. Budapest International Research in Exact Sciences (BirEx) Journal

Yudi Daeng Polewangi, 2017. Hubungan Motivasi dengan produktivitas Karyawan di PT. Srikandi Inti Lestari. Journal of Industrial and Manufacture Engineering.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Polewangi, Y. D., Munte, S., & Nainggolan, M. (2023). Perancangan Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Karyawan Pada Bagian Produksi di PT. X. Jurnal Manajemen Rekayasa Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 72–81. Retrieved from http://journal.iteba.ac.id/index.php/jmrib/article/view/59

Issue

Section

FEBRUARI 2023