PERANCANGAN GAME VISUAL NOVEL TUHAN DALAM KEPALA

Authors

  • Farhan Alif Fahrezi Universitas Widyatama
  • Fajar Persada Supandi Universitas Widyatama

Keywords:

visual, novel, interaktif, cerita, pemain

Abstract

Visual novel adalah salah satu jenis permainan video yang menekankan pada pengembangan cerita dan karakter. Dalam visual novel, pemain berinteraksi dengan naratif melalui pemilihan opsi dialog, keputusan moral, dan tindakan tertentu yang dapat mempengaruhi alur cerita. Visual novel adalah bentuk unik dari media naratif interaktif yang memungkinkan penonton menjadi bagian dari cerita. Dalam pembuatan tugas akhir ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi ilustrasi dan aplikasi pembuatan visual novel tersebut. Dengan menggabungkan elemen cerita, gambar, dan suara untuk memberikan pengalaman yang mendalam kepada pemain. Pemain akan memilih berbagai pilihan yang menentukan arah cerita, seperti memilih dialog dan tindakan yang diambil dalam berbagai situasi. Keputusan pemain akan memengaruhi alur cerita dan akhir dari game tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memahami pengalaman interaktif cerita dalam visual novel dan membuka peluang untuk pengembangan visual novel yang lebih berkualitas di masa depan.

References

Ahmad Dzakwan (2021). Mengenal Lebih Jauh Game Visual Novel. Gamefinity.

Catosaurus. (2016). Steins;Gate time travelling visual novel released English version for iOS. Gamerbraves.

Gronnings, Dimi. (2015), The Results of Manga Gamer’s Visual Novel Licensing Survey. Niche Gamer.

Hardy, W. A., Santoso, L. W., & Andjawirawan, J. (2019). Perancangan Game Engine untuk Game Visual Novel Berbasis Android Dengan Diagram Alur Cerita. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra , 1–5.

Kusumanto, D. (2022). Divination Resmi Dirilis di Konsol Playstation, Xbox, dan Nintendo. KAORI Nusantara.

Nalendra, M. a. S. (2023, July 26). Digital movement trends of indonesian youth in the new normal era: transitioning to a new approach for youth community contribution in society. https://journal.iteba.ac.id/index.php/tiyasadarma/article/view/123

Pratama, D., Wardani, W. G. W., & Akbar, T. (2018). The Visual Elements Strength in Visual Novel Game Development as the Main Appeal Dendi Pratama1 , Winny Gunarti Widya Wardani2 , dan T. MUDRA Journal of Art and Culture, 33, 1–8.

Sloan, R. J. S. (2015). Virtual Character Design for Games and Interactive Media. CRC Press.

Supandi, F. P., Mansoor, A. Z., & Ramadina, S. P. (2017). KAJIAN DESAIN KARAKTER DALAM GAME OVERWATCH DALAM KERANGKA METODE PERANCANGAN MANGA MATRIX. In Jurnal Komunikasi Visual & Multimedia (Vol. 8, Issue 1).

Yuda, Alfi. (2022, June 16), Pengertian Novel menurut Para Ahli, Ciri, Struktur, Unsur, dan Sejenisnya. Bola.com

Published

2023-10-30

How to Cite

Farhan Alif Fahrezi, & Fajar Persada Supandi. (2023). PERANCANGAN GAME VISUAL NOVEL TUHAN DALAM KEPALA. JURNAL RUPA MATRA, 2(1), 100–109. Retrieved from http://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalrupamatra/article/view/163

Issue

Section

OKTOBER 2023