PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM INFORMASI PERKULIAHAN ONLINE PADA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI INSTITUT TEKNOLOGI BATAM

Authors

  • ririt dwiputri Insitut Teknologi Batam
  • Zainan Dannaun institut teknologi batam

Abstract

Sistem informasi yang sedang berjalan dan hasil perancangan yang baru dari perancangan Sistem Informasi Perkuliahan Online Pada Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Batam yang menggunakan database, dan menghasilkan sebuah antarmuka perkuliahan antara dosen dan mahasiswa.Secara garis besar penulis dapat mengemukakan bahwa sebagian sistem informasi yang sedang berjalan belum cukup baik, karena terdapat kekurangan dalam sistem tersebut, yaitu sistem siakad dan e- learning yang tidak menjadi satu, sehingga dinilai kurang efisien dalam sistem perkuliahan sebuah universitas. Penelitian menggunakan metode pengolahan data berupa observasi, interview, dan dokumentasi. Software pendukung dalam pembuatan website ini ialah android visual studio 2010, Wordpress, database menggunakan Oracle/Database mariaDB. Sistem Informasi Perkuliahan Online menghasilkan rancangan berupa rancangan database/basis data, Dari perancangan aplikasi ini diharapkan dapat memperbaiki sistem perkuliahan yang berjalan pada Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Batam

References

Desmira, Rizal Fauzi. (2015). Perancangan Aplikasi Pengenalan Pendidikan Islam Berbasis Android Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Sistem Informasi, 39-46.

Fanji Hastomo, Umi Laili Yuhana. (2013). Perancangan dan Pembuatan Perangkat Lunak Aplikasi Android untuk Pengolahan Data Transaksi Pada Perusahaan Telekomunikasi "X" dengan menggunakan Pentaho. JURNAL TEKNIK POMITS, Vol.2, No.1, 77-82.

Hendra Pria Utama, Oky Dwi Nurhayati, Ike Pertiwi Windasari. (2006). Pembuatan Aplikasi Memantau Lokasi Anak Berbasis Android Menggunakan Location Based Services. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.4, No.1, 202-208. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/315962353_Pembuatan_Aplikasi_Memantau_Lokasi_Anak_Berbasis_Androi d_Menggunakan_Location_Based_Service

Yosua P. W Simaremare, Apol Pribadi S, Radityo Prasetianto Wibowo. (2013). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Manajement Publikasi Ilmiah Berbasis Online pada Jurnal SISFO. JURNAL TEKNIK POMITS, Vol.2, No.3., 470-475.

Dani Yusuf, Freddy Nur Afandi. (2019, Oktober). Aplikasi Monitoring Base Transceiver Station Berbasis Android Menggunakan Metode Location Based Services. Jurnal Sistem Informasi dan Telematik, Vol.10, No.2, 139-144.

Indra Kurniawan, Ahmad Faiq Abror. (2019, Oktober). KomparasiMetode Kombinasi Seleksi Fitur dan Machine Learning K-Nearest Neighbor pada Dataset Label Hours Software Effort Estimation. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, Vol.10, No.2, 83-89.

Ni Luh Ade Mita Rahayu Dewi, R.S. (2021). Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Karyawan Berbasis Web Padda Berlian Agency. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 147-152.

Syarif, W.N. (2018). Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Infromasi Penghitungan Volume dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi Musirawas, 97-105.

Downloads

Published

10-02-2023

How to Cite

dwiputri, ririt, & Dannaun, Z. (2023). PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM INFORMASI PERKULIAHAN ONLINE PADA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI INSTITUT TEKNOLOGI BATAM. JURNAL SITEBA, 1(2). Retrieved from http://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsiteba/article/view/72