PERSEPSI PENGARUH NILAI INVESTASI, TINGKAT UPAH DAN PRODUKSITERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KOTA BATAM

Authors

  • Widya Reza Widya ITEBA
  • Kevin Institut Teknologi Batam
  • Puri Rahayu Nengsi Institut Teknologi Batam
  • Rahma Sarita Tanjung Institut Teknologi Batam
  • Jesicca Betricia Hutagalung Institut Teknologi Batam

Keywords:

Nilai Investasi; Tingkat Upah; Produksi; Penyerapan Tenaga Keja

Abstract

Salah satu sektor perekonomian yang sangat berpotensi dalam penyerapan tenaga kerja adalah sektor industri. Salah satu indikator untuk memulai keberhasilan ekonomi suatu negara adalah dilihat dari kesempatan kerja. Di Kota Batam sektor industri memberikan andil yang sangat besar dalam penyerapan tenaga kerja sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran. Dalam penelitian ini akan dilihat faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja di Kota Batam. Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah semua unit usaha industri di Kota Batam yang  sekaligus sebagai sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 106 perusahaan. Variabel independen pada penelitian ini adalah nilai investasi, nilai upah, nilai produksi dan variabel dependen adalah penyerapan tenaga kerja. Metode Pengumpulan data dengan metode kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adlah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja secara signifikan di Kota Batam adalah nilai investasi dan nilai produksi.

References

Sukirno, S. (2012). Ekonomi Pembangunan (Proses, Masalah, dan Dasar Kebijaksanaan). Jakarta: LPFEUI

Simanjuntak, J, 9. (2015). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: FE UI

Murphy, K. M., & Welch, F. (2013). Employment and the 1990-1991 Minimum-Wage Hike, 85(2).

Dube, A., Lester, T. W., & Reich, M. (2013). Minimum Wage Shocks, Employment Flows, and Labor Market Frictions, 34(3).

Koskela, E., & Stenbacka, R. (2016). Equilibrium unemployment with outsourcing and wage solidarity under labour market imperfections. European Economic Review, 54(3)

Gupta, M. R., & Dutta, P. B. (2011). Skilled-unskilled wage inequality and unemployment: A general equilibrium analysis. Economic Modelling, 28(4).

Meer, J., & West, J. (2015). Effects of the Minimum Wage on Employment Dynamics.AppliedEconomics,25(12).

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Widya, W. R., Kevin, Puri Rahayu Nengsi, Rahma Sarita Tanjung, & Jesicca Betricia Hutagalung. (2022). PERSEPSI PENGARUH NILAI INVESTASI, TINGKAT UPAH DAN PRODUKSITERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KOTA BATAM. JURNAL SINTAK, 1(1), 19–23. Retrieved from http://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/view/24

Issue

Section

SEPTEMBER 2022